Tiga Tim Tamu Sukses ke Semifinal Piala Presiden 2019

Gelandang Arema FC, Makan Konate, berusaha melewati gelandang Bhayangkara FC, Wahyu Subo Seto, pada laga perempat final Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (30/3).[bola]

POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Perempat final Piala Presiden 2019 yang ditayangkan Indosiar sudah rampung digelar pada 28 hingga 31 Maret 2019. Empat tim telah memastikan diri lolos ke semifinal. Satu yang menarik, tiga dari empat klub yang lolos ke semifinal sukses menyingkirkan tuan rumah perempat final.

Seperti regulasi yang sudah disepakati, perempat final Piala Presiden 2019 digelar dengan sistem single match, di mana empat klub juara grup dengan nilai terbaik diplot sebagai tuan rumah. Sementara satu tim juara grup dengan nilai terkecil dan tiga runner-up terbaik diplot sebagai tim tamu pada perempat final.

Namun, status tuan rumah tak menjadi jaminan untuk melangkah ke semifinal. Bahkan dari empat laga perempat final hanya ada satu tim yang berstatus tuan rumah yang berhasil lolos ke semifinal, yaitu Persebaya Surabaya.

Persebaya menjadi tuan rumah di perempat final Piala Presiden 2019 dan harus menjamu tim yang sebelumnya berada satu grup dengan mereka, Tira-Persikabo. Catatan imbang tanpa gol dalam pertemuan kedua tim di Grup A yang digelar di Bandung berhasil diperbaiki oleh The Green Force yang menang 3-1 di depan Bonek yang memadati Gelora Bung Tomo, Jumat (29/3/2019).

Sementara itu, tiga tim tuan rumah perempat final lainnya, Persija Jakarta, Bhayangkara FC, dan Persela Lamongan, harus tersingkir cepat dengan kekalahan yang mereka alami di babak 8 besar.

Persija Jakarta yang menjamu Kalteng Putra di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (28/3/2019), harus berjuang dan bermain imbang 1-1 dengan satu-satunya tim dari luar Pulau Jawa itu dalam waktu normal. Mimpi buruk Persija akhirnya terjadi saat drama adu penalti, dua eksekutor gagal membuat mereka harus merelakan tempat di semifinal menjadi milik Kalteng Putra.

Keberhasilan Kalteng Putra memang menjadi sebuah kejutan di Piala Presiden 2019. Tim berjulukan Laskar Isen Mulang itu sebelumnya melangkah ke perempat final setelah menjadi juara Grup C, di mana PSM Makassar dan Persipura Jayapura mampu mereka kalahkan. Kini klub promosi Liga 1 2019 itu akan menjadi perwakilan Kalimantan di antara klub-klub Jawa Timur yang lolos ke semifinal.

Tim Tangguh Tumbang

Sementara itu, yang tak kalah mengejutkan adalah tersingkirnya Bhayangkara FC yang memiliki status tim dengan raihan poin terbaik di fase grup dengan menjadi satu-satunya tim yang meraih tiga kemenangan sempurna.

Tak hanya sekadar tersingkir, Bhayangkara FC takluk dengan skor telak 0-4 dari Arema FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (30/3/2019).

Arema FC yang lolos ke perempat final sebagai runner-up Grup E. Keberhasilan mereka lolos ke perempat final ditunjang oleh kemenangan 6-1 atas Persita Tangerang pada laga terakhir fase grup. Sebelumnya Singo Edan hanya menang tipis 3-2 atas Barito Putera dan takluk 0-1 dari Persela Lamongan.

Dengan perjalanan yang kurang meyakinkan di fase grup yang juga digelar di Malang, Arema FC tampil mengejutkan di depan Aremania yang hadir di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Arema tak hanya menang dengan satu atau dua gol, tapi menang 4-0 atas Bhayangkara FC yang tampil kesulitan untuk membuat peluang.

Selain Kalteng Putra dan Arema FC, satu lagi tim tamu yang berhasil melangkah ke semifinal Piala Presiden 2019 adalah Madura United. Tim yang lolos ke perempat final sebagai runner-up Grup D mampu menyingkirkan Persela Lamongan dengan kemenangan 2-1 di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (31/3/2019).[bola]

Pin It