Pemilu 2019, Jumlah Pemilih di Cimuning Bertambah Didominasi Formula dan Pendatang Baru

Pemilu 2019

POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Jumlah pemilih formula dan pendatang baru untuk Pemilihan Umum 2019 serentak di Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi, bertambah sekitar 10 persen.

Pada Pemilihan Walikota Bekasi 2018, jumlah pemilih sekitar 22 ribu, sedangkan jumlah pemilih untuk Pilpres dan Pileg 24.688.

“Ada kenaikan sekitar 10 persen pada Pemilu 2019 serentak dibandingkan pemilih pada  Pilwalkot Bekasi tahun 2018,” kata Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Cimuning, Sobari, saat berbincang dengan Posbekas.com, Sabtu 23 Februari 2019.

KLIK : DPRD Kota Bekasi Tegaskan KPU Jamin Hak Pilih Masyarakat

Menurut Sobari, seiring bertambahnya jumlah pemilih pada Pemilu 2019 ini, juga bertambahnya TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Dimana jumlah TPS pada Pilwalkot Bekasi hanya 34 TPS di Cimuning, sedangkan pada Pemilu ini jumlah TPS naik lebih dua kali lipat yakni berjumlah 88 TPS.

“Signifikannya penambahan TPS pada Pemilu 2019  dikarenakan tiap TPS tidak boleh melebihi 300 pemilih. Pada Pilwalkot Bekasi tiap TPS berjumlah 600 pemilih,” terangnya.

KLIK : PKS-Gerindra akan Teken Rekomendasi Dua Kandidat Cawagub DKI

Kurangnya jumlah pemilih di TPS pada Pemilu 2019, kata Sobari dikarenakan banyak surat suara yang tidak akan mencukupi kotak suara bila tiap TPS diisi 600 pemilih.

Sedangkan jumlah pemilih bertambah 2 ribuan itu didominasi pemilih formula dan juga pendatang baru.

“Umumnya penambahan jumlah pemilih didominasi pemilih formula yang waktu Pilwalkot Bekasi belum berusia 17 tahu,” tuturnya.

Selain itu, penambahan pemilih juga dengan adanya pendatang baru. “Pendatang baru ini kebanyakan warga yang tinggal di perumahan yang banyak tumbuh di sekitar Kelurahan Cimuning,” ucap Sobari [HSB/POB]

Pin It

Comments are closed.