posbekasi.com

Keutamaan Road Safety: Kemanusiaan dan Peradaban

Road Safety

POSBEKASI.COM – Road safety menjadi issue lalu lintas di dunia. Semua bangsa memikirkanya dan mengimplementasikannya dengan berbagai cara dan berbagai variasinya. Prinsip yang mendasar bagi road safety adalah tercapainya keutamaan road safaety yaitu pada kemanusiaan dan peradaban.

Membahas Road safety adalah membahas manusia dan kemanusiaannya. Karena lalu lintas adalah urat nadi kehidupan. Apapun upaya dan pengerahan sumber daya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyatakat agar semakin manusiawinya manusia. Road safety yang humanis adalah refleksi peradaban yang sadar peka dan peduli bahwa manusia sebagai aset utama bangsa.

Segala upaya yang mencakup engineering, edukasi, penegakkan hukum dengan berbagai sistem-sistem pendukung lainnya adalah untuk mewujudkan lalu lintas yang aman selamat tertib dan lancar.

Lalu lintas yang aman selamat tertib dan lancar dikerjakan secar aprofesional terintegrasi menuju big data untuk pelayanan prima dalam one gate service. Untuk mencapai hal tersebut setidaknya menjabarkan dan mengimplementasikan; 1. Manajemen kebutuhan, 2. Manajemen kapasitas, 3. Manajemen prioritas, 4. Manajemen kecepatan, dan 5. Manajemen emergency.

KLIK : Pelatihan Seni dan Bela Diri Bagi Petugas Polisi

Road safety merupakan refleksi budaya bangsa yang menunjukkan tingkat peradabannya. Bangsa beradab bangga akan keteraturan yang dibangun atas kesadaran tanggung jawab dan disiplin. Hal tersebut merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Road safety yang smart memenuhi standar-standar administrasi, standar hukum, standar operasional, yang didasari niatan tulus sebagai moralitasnya mencapai keutamannya bagi kemanusiaan dan pembangunan peradaban.

Dengan demikian, mengimplementasikan road safety dituntut profesional cerdas bermoral dan dan modern. Profesionalisme di bidang road safety dibangun dengan berasis kompetensi yang dilandasi SOP yang baik dan benar dengan SDM yang berkarakter. Sehingga SDM menjadi aset utama yang cinta bangga dan bekerja keras bagi kemanusiaan dan pembangunan peradaban.

Cerdas dalam mengimplementasikan road safety adalah penuh inovasi dan kreatifitas untuk terwujudnya pelayanan yang prima (cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informative, dan mudah diakses).

Road safety merupakan gerakan moral yang dibangun berbasis kesadaran kepekaan kepedulian tanggung jawab dan disiplin.

Road safety merupakan implementasi amanah UULLAJ untuk;

  1. Terwujud dan terpeliharanya lalu lintas yang aman selamat tertib dan lancar
  2. Meningkatnya kualitas keselamatan dan menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan.
  3. Terbangunnya budaya tertib berlalu lintas.
  4. Adanya pelayanan yang prima di bidang LLAJ.[]

Penulis: Chryshnanda DL

BEKASI TOP