Lestarikan Budaya Sunda, Paguyuban Pasundan Gelar Lomba Kawih Barudak

Pemprov Jabar bersama Kadamas dan PB Paguyuban Pasundan akan menggelar lomba Kawih Sunda khusus untuk anak-anak atau Kawih Barudak.[IST]

POSBEKASI.COM | BANDUNG – Generasi milenial atau anak zaman now mungkin lebih mengenal group musik luar negeri yang nge-hits saat ini. Mereka lebih asyik mendendangkan lagu ber-genre modern atau sedang nge-hits yang belum tentu cocok dengan usianya.

Padahal dengan banyaknya ciri khas seni dan budaya yang dimiliki Indonesia, anak-anak mempunyai banyak pilihan. Sebut saja kreasi seni dan budaya Sunda yang menggabungkan unsur musik dengan sastra yang biasa disebut Kawih.

Agar tidak tergerus zaman, Pemda Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Korps Alumni Daya Mahasiswa Sunda (Kadamas) dan PB Paguyuban Pasundan akan menggelar lomba Kawih Sunda khusus untuk anak-anak atau Kawih Barudak.

KLIK : Ajengan Masuk Sekolah Mulai Diterapkan Tahun Ajaran Baru 2019

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap, melalui gelaran lomba Kawih ini akan memberikan pilihan lain untuk generasi milenial dalam bersenandung. Disamping itu lomba ini diharapkan akan menguatkan pendidikan karakter milenial Jawa Barat melalui nilai budaya lokal.

“Saya meminta Paguyuban Pasundan dan Kadamas untuk membantu gubernur memberikan skenario-skenario pengembangan budaya. Karena budaya itu bukan hanya urusan ekspresi, yaitu kesenian, tapi budaya relasi sosial, budaya politik, dan lain-lain,” ujar Ridwan Kamil usai pertemuan dengan PB Paguyuban Pasundan dan Kadamas di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu 6 February 2019.[IMA/POB]

Pin It

Comments are closed.