posbekasi.com

Sapto Dorong Kaum Milenial Geluti Jurnalistik

JMP beri pelatihan Jurnalis Muda Kota Bekasi di aula SMA Negeri 2 Kota Bekasi, Ahad 25 November 2018.[IST] Poo
POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Kaum muda milenial harus kreatif, karena perkembangan ilmu dan teknologi menuntut kemampuan beradaptasi cepat.

Jangan sampai generasi muda Indonesia hanya menjadi konsumen atau korban dari teknologi internet yang dominan.

Hal itu ditegaskan Sapto Waluyo, Koordinator Jaringan Media Profetik (JMP) dalam pelatihan Jurnalis Muda Kota Bekasi (JMKB) di aula SMA Negeri 2 Kota Bekasi, Ahad 25 November 2018.

“Saya gembira karena masih ada kaum muda, apalagi pelajar SMA, yang berminat pada jurnalistik di era digital. Dengan gadget atau smart phone Anda bisa membuat konten positif dan kreatif,” ujar Sapto yang pernah menjadi redaktur Majalah Gatra. Sapto mengajar kiat cepat menulis artikel dalam satu jam atau 15 menit, tergantung waktu yang tersedia.

Pelatihan diikuti 100 siswa se-kota Bekasi, perwakilan dari SMA/SMK/MA. Acara ini merupakan angkatan ke-7 dari program rutin yang diselenggarakan tiap tahun.

“Para peserta nanti akan bergabung dengan pengurus baru JMKB dan berkreasi dalam penerbitan majalah Swara atau website JMKB,” jelas Arif Nur Hidayat, pelajar SMK Karya Guna Bhakti yang menjadi koordinator JMKB.

Disamping latihan menulis kreatif, acara dimeriahkan dengan talk show para alumni JMKB yang kini menjadi mahasiswa atau profesional di berbagai bidang. Itu membuktikan aktivitas siswa di masa sekolah akan membentuk karakter disiplin dan sikap terbuka. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Jawa Barat, Harry Pansila, menyambut baik agenda pelatihan berkala.

“Saya salut dengan tekad peserta yang serius mengikuti pelatihan, meskipun besok ada yang akan mengikuti ujian sekolah. Itu artinya Anda sudah biasa belajar dan bisa membagi waktu untuk meningkatkan keterampilan,” ungkap Harry yang pernah bertugas sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok wilayah tugasnya saat ini meliput kota dan kabupaten Bekasi.[REL/POB]

BEKASI TOP