Bekasi Online

“Hoegeng” Orang Baik dan Orang Penting [Sambungan-8]

Memang baik menjadi orang penting. Tapi lebih penting menjadi orang baik -Hoegeng Iman Santoso-

Hoegeng Iman Santoso

POSBEKASI.COM – Oleh: Chryshnanda DL

Pemimpin dan Kepemimpinan Polri

Polri sebagai institusi besar dengan kewenangan besar, tugas dan tangggungjawab yang besar pula, yaitu mewujudkan dan memelihara kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, membangun budaya taat hukum dan penegak hukum sekaligus. Yang ada berbagai kemungkinan atau peluang disalahgunakan atau diselewengkan yang bisa juga kontra produktif.

Pemimpin Polri adalah seseorang yang mempunyai tugas dan tanggungjawab atas suatu pekerjaan atas suatu kelompok atas suatu institusi, suatu masyarakat, suatu bangsa atau negara untuk memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan, mengorganisasikan, mengajak orang lain mau mengerjakan apa yang menjadi tujuan bersama. Seorang pemimpin juga memberdayakan, mengajak maju, membangun, memberikan edukasi, bisa dijadikan panutan atau teladan, berupaya meminimalisir berbagai penyimpangan.

Pemimpin Polri juga mempunyai mimpi yang jauh kedepan dan mampu membawa anak buahnya atau masyarakat yang loyal padanya menjadi terhormat, cerdas, bermoral. Karena seorang pemimpin juga membangun peradaban, meningkatkan kualitas hidup, yang tidak hanya cerdas namun juga kreatif dan inovatif, serta inspiratif.

Mampu mengatasi berbagai masalah, kesulitan dan berbagai keterbatasan yang ada, bahkan dalam keadaan darurat sekalipun. Ia juga seorang yang bijaksana, mau mendengar, selalu berusaha memahami, keputusan yang diambilnya dirasakan betul manfaatnya secara signifikan bagi yang dipimpinnya secara khusus dan masyarakat atau stakeholder lainya secara umum. Ia juga orang yang mempunyai kepribadian yang rela berkorban bagi yang dipimpinnya.

Dengan segala keterbatasannya senantiasa berusaha untuk membawa kemajuan. tiada hari tanpa perbaikan dan berbuat kebaikan. Ia seorang yang humanis, yang senantiasa berusaha mengangkat harkat dan martabat manusia.

KLIK : “Hoegeng” Orang Baik dan Orang Penting [Sambungan-7]

KLIK : “Hoegeng” Orang Baik dan Orang Penting

Mampu memanusiakan manusia lainya. Jiwa raganya diberikan bagi yang dipimpinnya sebagai landasan yang kokoh bagi yang dipimpinnya agar penggantinya atau generasi mendatang dapat lebih baik, lebih mantap, lebih mudah dan tentu juga lebih sejahtera.

Kepemimpinan adalah tindakan-tindakan seorang pemimpin dalam mengimplementasikan konseo-konsep tentang pemimpin. Dengan berbagai gaya atau style yang bervariasi dan beragam bahkan satu dengan yang lainya bertentangan.

Namun demikian prinsip-prinsip yang mendasar dan berlaku umum adalah sama, menggerakan, menyatukan, memajukan, menginspirasi, melayani, mengayomi, memberdayakan, memperbaiki dan memberi transformasi, mensejahterakan, meningkatkan kualitas baik pelayanan kepada publik maupun kualitas hidup masyarakat.[bersambung]

BEKASI TOP