Bekasi Online

KPU Sarankan Parpol Ganti Caleg Bermasalah

KPUD Kota Bekasi menyampaikan hasil verifikasi kelengkapan administrasi daftar caleg yang telah didaftarkan perwakilan Parpol peserta Pemilu 2019.[IST]
BEKASI | POSBEKASI.COM – KPUD Kota Bekasi menyampaikan hasil verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon legislatif (caleg) yang telah didaftarkan oleh perwakilan partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019.

Ketua KPUD Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi, mengatakan pihaknya telah menyelesaikan proses verifikasi berkas persyaratan calon yang telah didaftarkan oleh setiap parpol beberapa dan hasilnya akan disampaikan hari ini kepada setiap parpol.

“Total keseluruhan dari semua parpol jumlahnya, sebanyak 713 caleg. Namun dari hasil verifikasi syarat yang kami lakukan sebagian besar masih banyak kekurangan atau TMS, sehingga, perlu ada perbaikan lagi,” kata Ucu di Aula TB Hendy Kantor KPUD Kota Bekasi Sabtu 21 Juli 2018.

Hadir dalam pertemuan tersebut masing-masing, petugas Lo, operator silon, dan pengurus 16 parpol. “Bisa dikatakan, dari total yang ada paling cuma tujuh syarat calon yang sudah lengkap sisanya, 700 lagi TMS. Dan sebagian besar soal ijazah tidak dilegalisir, KTP bukan fotocopi, dan beberapa dokumen lainnya,” tambah Ucu.

KLIK : PKS Kabupaten Bekasi Daftarkan 40 Persen Caleg Perempuan

Terkait syarat TMS calon, diakui Ucu, pihaknya memberikan waktu setiap parpol untuk melakukan perbaikan dari kekurangan tersebut selama sepekan terhitung, mulai dari tanggal 22 – 31 Juli 2018 mendatang.

“Sesuai tahapan syarat itu, masih boleh diperbaiki kekurangannya. Dan setelah selesai akan kita cek lagi berkasnya, sebelum di susun menjadi daftar calon sementara (DCS) guna diumumkan dan mendapat tanggapan masyarakat,” jelas Ucu.

Ucu menambahkan, selama proses tahapan ini berlangsung pihaknya menyampaikan, kalau setiap parpol masih diperbolehkan mengganti calon yang belum lengkap syaratnya selain calon yang sudah mengundurkan diri.

“Pergantian calon boleh dilakukan oleh parpol. Terlebih, untuk syarat calon yang memang hasil test kesehatannya dinyatakan bermasalah, atau positif narkoba, kami menyarankan lebih baik diganti,” ucapnya.[EZI/POB]

BEKASI TOP