Lha, KPU Larang Parpol Pasang Gambar Ketum

Parpol peserta Pemilu 2019

BEKASI, POSBEKASI.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi Ucu Asmara Sandi, mengingatkan agar Partai Politik (Parpol) tidak memasang baliho bergambar ketua umum (Ketum) partai.

Parpol hanya diperbolehkan memasang baliho bergambar lambang partai beserta nomor urut partai sebagai peserta pemilu 2019.

Menurutnya, pemasangan bendera bergambar ketua umum parpol termasuk tindakan kampanye dan melanggar aturan.Soalnya, masa kampanye Pemilu 2019 baru akan dimulai pada 23 September mendatang.

“Hal itu masuk kategori kampanye sehingga tidak diperbolehkan. Pemasangan baliho semacam itu tidak boleh,” kata Ucu, Selasa 8 Mei 2018.

Ucu melanjutkan, parpol hanya diperbolehkan memasang bendera saja, beserta nomor urut dan lambang parpol yang ada pada bendera tersebut. “Sudah ada parpol peserta pemilu tetapi masa kampanye belum resmi dimulai,” tuturnya.

KLIK : Pilgub Jabar, Kawal Reformasi Indonesia

Ketua Panwaslu Kota Bekasi, Novita Ulya Hastuti menambahkan, KPU RI, Bawaslu, KPI dan Dewan Pers sudah membuat kesepakatan bersama mengenai peraturan masa jeda sebelum kampanye Pemilu 2019.

Selama jeda waktu, yakni sejak 18 Februari hingga sebelum 23 September, parpol hanya bisa melakukan sosialisasi menggunakan bendera.

Bendera tersebut juga menampilkan nomor urut dan lambang parpol. Dengan demikian, parpol menggunakan medium lain selain bendera, maka hal tersebut tidak diperbolehkan.

“Misalnya saja baliho, kemudian billboard, itu tidak masuk bentuk sosialisasi. Baliho dan billboard sudah merupakan bentuk metode kampanye,” tambahnya.[REL/ISH/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.