Bekasi Online

Masyarakat Minta Nur Supriyanto Tingkatkan Tandon Aren Jaya Jadi Objek Wisata

Nur Supriyanto didampingi para tokoh masyarakat mengunjungi pembangunan tandon Aren Jaya, Sabtu 26 Agustus 2017.[IST]
POSBEKASI.COM, BEKASI – Masyarakat Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, meapresiasi kunjungan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, DR.Nur Supriyanto,MM, Sabtu 26 Agustus 2017, dalam menyelesaikan pembangunan waduk (tandon) yang berdampak positif khususnya banjir yang selama ini melanda warga sekitar kini sudah tidak lagi dirasakan.

“Sangat postif hasil pembangunan tandon ini dirasakan sekali khususnya oleh warga Perumanas III dan masyarakat sekitarnya tidak lagi terdampak banjir yang biasanya mencapai lutut orang dewasa,” kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Aren Jaya, H.Badjuri,BA, ketika dihubungi Posbekasi.com, Minggu 27 Agustus 2017.

Sebelum adanya pembangunan tandon kata Badjuri, warga Perumnas III menjadi langganan banjir saat musim penghujan. “Tetapi selama tiga tahun belakangan ini, banjir sudah tidak lagi melanda warga Perumnas III. Kalaupun ada genangan air saat hujan turun langsung turun dan tidak berakibat banjir seperti sebelumnya,” terangnya.

Badjuri yang turut mendampingi kunjungan Nur Supriyanto saat itu meminta Pemprov Jabar melalui Nur Supriyanto pembangunan tandon ditingkatkan menjadi objek wisata.

“Masyarakat berharap dibuatkan jogging tarck sebagai sarana olahraga untuk masyarakat, tempat kuliner khas makanan Betawi dan Bekasi, maupun pemancingan. LPM sudah mengajukan ketiga sarana tersebut pada Nur Supriyanto dan Walikota Bekasi,” ungkapnya.

Diungkapkannya, Pemko Bekasi juga telah menganggarkan Rp5 miliar untuk pemasangan pompa, pembukaan air Sungai Sasak Jarang dengan Wisma Jaya, yang merupakan titik temu di tendon Aren Jaya.

“Bila hujan turun, tandon ini menjadi penampungan. Saat musim kering akan dipompa dam dialirkan ke Kabupeten Bekasi,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, DR.Nur Supriyanto,MM, meminta masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan dan menjaga sarana prasana yang sudah dibangun oleh pemerintah, baik pemerintah kota, provinsi maupun pemerintah pusat.

“Perlu saya tegaskan dan mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dan menjaga infrastruktur yang telah dibangun oleh pemerintah. Semua ini untuk kesejahteraan masyarakat, seyogyanya masyarakat turut berpartisipasi menjaga pembangunan di wilayahnya,” kata Nur Supriyanto dalam keterangan persnya kepada Posbekasi.com, Minggu 27 Agustus 2017.

Nur Supriyanto yang akrab disapa NSP mengunjungi waduk (tandon) di Kelurahan Aren Jaya, yang didanai dari anggaran Pemprov Jabar senilai lebih Rp30 miliar itu meminta warga untuk turut berpartisipasi memelihara pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“Alhamdulilah dalam 3 tahun anggaran Pemprov Jabar bisa membantu menuntaskan masalah banjir di Perumnas III Aren Jaya. Sehingga warga disekitar yang sebelumnya terdampak banjir kini sudah aman bila datang musim penghujan,” katanya.

Kedepan, lanjut Nur Supriyanto, sebagaimana harapan masyarakat mencanangkan tandon Aren Jaya sebagai danau provinsi itu mempercepat penanggulangan banjir juga sebagai objek pariwisata air di Kota Bekasi.

“Syukur apabila Pemko Bekasi bisa mengembangkan dan meningkatkan tempat tersebut sebagai tempat wisata air, jogging tack dan tempat kuliner maupun kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.[HSB]

BEKASI TOP