Bekasi Online

Polsek Muara Gembong Atensi Instruksi Kapolda Memperketat Akses Penyeludupan Narkoba

Kapolsek Muara Gembong AKP Sigit Sudarmono sampaikan pesan kamtibmas pada warga kampung nelayan Desa Pantai Bahagia, Jumat 14 Juli 2017.[RIK]
POSBEKASI.COM, MUARAGEMBONG – Kepolisian Sektor (Polsek) Muara Gembong perketat wilayah perairan untuk mengantisipasi penyelupan narkotika dari jalur laut.

“Polsek Muara Gembong merupakan satu-satunya Polsek di Polres Metro Bekasi yang memiliki wilayah perairan, adanya instruksi Kapolda Metro Jaya untuk pengawasan penyeludupan narkotika di jalur laut kami atensi dengan lebih memperketatnya,” kata Kapolsek Muara Gembong AKP Sigit Sudarmono,SH, kepada posbekasi.com, Jumat 14 Juli 2017.

Menurut AKP Sigit, selama ini pihaknya juga telah melakukan pengawasan dengan melakukan patroli air menyisir perairan di wilayah hukum Polsek Muara Gembong. “Dengan adanya perintah Kapolda, kami tindak lanjuti dengan memperketat akses penyeludupan narkotika di jalur laut,” katanya.

AKP Sigit mengatakan, patroli air yang langsung di pimpinnya pada Jumat 14 Juli 2017, menyisir wilayah perairan hingga perbatasan dengan wlyah Polres Kepulauan Seribu dan juga Polres Jakarta Utara, serta smpai laut lepas.

Diakuinya, sejak menjabat sebagai Kapolsek Muara Gembong, ia selalu memimpin langsung patroli air dan sampai saat ini belum ada terindikasi penyeludupan narkotika. “Di jalur tikus perairan juga sering kita sisir guna mengantisipasi penyeludupan lewat jalur tikus,” ujarnya.

Selain menyisir perairan dan jalur tikus lanjut Kapolsek, pihaknya juga melakukan pengawasan pada nelayan yang berada di tengah laut saat mencari ikan. “Tidak jarang di tengah laut kita sampaikan pesan kamtibmas pada nelayan. Nelayan kita imbau untuk cepat memberikan informasi pada polisi bila menjumpai adanya kapal atau perahu asing yang memasuki wilayah Muara Gembong,” katanya.

Saat berpatroli, Kapolsek kerap mampir di kampung-kampung nelayan guna meminta warga memberikan informasi pada polisi bila ada orang asing yang dicurigai memasuki kampung nelayan.

“Wilayah laut merupakan lintas perairan yang dari mana saja bisa masuk, tidak hanya kejahatan lokal tetapi juga transnasional dari negara lain,” katanya.

Halnya, patroli yang dilakukan AKP Sigit sempat mampir ke kampung nelayan di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. “Di kampung nelayan itu kita meminta warga untuk tetap berkoordinasi dengan aparat penegak hukum. Warga di kampung nelayan paling mudah mengetauhi orang asing masuk ke kampung mereka, karena hanya bisa masuk lewat jalur laut, jadi setiap orang yang masuk pasti bisa diketauhi,” katanya.

Sebelumnya, Irjen Mochamad Iriawan, mengatakan pengawasan di jalur laut masih jadi titik lemah. Sehingga para pelaku penyelundupan narkoba kerap menjadikan jalur laut sebagai akses masuk.

Hal tersebut terbukti dengan diseludupkannya satu ton narkotika jenis sabu-sabu seperti yang berhasil digulung tim gabungan Ditres Narkoba Polda Metro Jaya dan Satres Narkoba Polres Depok.

“Tidak menutup kemungkinan hal serupa bisa terjadi di tempat lain,” kata Iriawan saat ditemui usai melantik Kapolres Cirebon, AKBP Risto Samodra, sebagai Ketua Perbakin Kabupaten Cirebon di salah satu hotel di Kabupaten Cirebon, Jumat 14 Juli 2017.

Diakui Kapolda, jajarannya beberapa kali berhasil mengungkap kasus penyelundupan narkoba melalui jalur laut seperti di Marunda, Dadap, Tanjung Genteng, Pantai Mutiara, dan terakhir di Pantai Anyer.[RIK/SOF]

4.

BEKASI TOP