Bekasi Online

Desa Pantai Harapan Jaya Terendam, Kapolsek Muara Gembong Tingkatkan Kewaspadaan

Seluruh RT di Desa Pantai Harapan Jaya terendam banjir.[HSB]
Seluruh RT di Desa Pantai Harapan Jaya terendam banjir.[HSB]
POSBEKASI.COM – Satu desa di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, terendam banjir, Minggu 19 Februari 2017. Ribuan warga terdampak banjir masih bertahan di 18 perkampungan Desa Pantai Harapan Jaya yang sejak siang hari terendam.

“Kita masih melakukan pendataan warga yang terdampak banjir, seluruh kampung di Desa Harapan Jaya seluruhnya terendam mulai dari ketinggian air 35 sampai 70 cm,” kata Kapolsek Muara Gembong AKP Sigit Sudarmono,SH, saat berkoordinasi dengan aparat Desa Pantai Harapan Jaya, Minggu 19 Februari 2017.

Bersama Sekdes Pantai Harapan Jaya, Sadam dan jajaran Tiga Pilar dibantu warga, Kapolsek terus memantau dampak banjir dari luapan Sungai Ciherang itu dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap keselamatan ribuan jiwa.

Kapolsek Muara Gembong AKP Sigit Sudarmono melakukan koordinasi dengan aparat Desa Pantai Harapan Jaya dan tim penyelamat dalam meningkatkan kewaspadaan banjir yang melanda desa tersebut.[HSB]
Kapolsek Muara Gembong AKP Sigit Sudarmono melakukan koordinasi dengan aparat Desa Pantai Harapan Jaya dan tim penyelamat dalam meningkatkan kewaspadaan banjir yang melanda desa tersebut.[HSB]
“Ribuan warga masih bertahan di perkampungan mereka sambil menunggu situasi apakah air bertambah tinggi atau tidak. Sampai saat ini belum ada pengungsi, tapi bila ketinggian air bertambah kita akan segera evakuasi untuk keselamatan jiwa warga. Kita akan pantau dan jaga terus situasi Kamtibmas dengan meningkatkan kewaspadaan,” kata Kapolsek.

Dikatakannya, kewaspadaan yang dilakukan Polsek Muara Gembong dengan mempersiapkan perahu maupun alat atau perangkat lain untuk mengevakuasi warga, tim penyelamat dan kesiagaan dari anggota Polsek dibantu warga.

“Kita tingkatkan kewaspadaan untuk mengatisipasi segala kemungkinan terburuk. Karena itu kita persiapkan sejak dini bersama warga,” katanya.

Sementara Sekdes Pantai Harapan Jaya, Sadam, mengungkapkan desanya yang terdiri dari 18 RT itu semua terendam dengan ketingian air mulai 35 cm sampai 70 cm.

“Jumlah rumah yang terendam 453 unit didiami oleh 1575 jiwa terdampak banjir,” kata Sekdes Sadam.

Selain itu, ribuan hektar sawah, lahan pertanian, empang digenangi air mencapai ketinggian setkitar 50cm – 100 cm. “Ribuan lahan pertanian dan empang dapat dipastikan gagal panen. Kerugian dari lahan pertanian dan empang masyarakat belum dapat kita prakirakan,” ucapnya.[HSB]

BEKASI TOP