Ratusan Kelas Sekolah di Kota Bekasi Rawan Ambuk

Ruang kelas SMP Negeri 4 Kota Bekasi ambruk, Senin 28 Nopember 2016.[IST]

Ruang kelas SMP Negeri 4 Kota Bekasi ambruk, Senin 28 Nopember 2016.[IST]

POSBEKASI.COM – Sedikitnya 200 kelas di sejumlah sekolah negeri di Kota Bekasi rawan ambruk akibat faktor usia. Tahun 2017 Pemko Bekasi akan direnovasi bangunan yang sudah tua.

“Rata-rata bangunan berdiri di atas sepuluh tahun sehingga perawatan serta pengawasannya harus diperhatikan,” kata Kepala Dinas Pedidikan Kota Bekasi Alexander Zulkarnaen di Bekasi, Senin 28 Nopember 2016.

Bangunan rawan ambruk itu mayoritas berlokasi di sekolah dasar negeri (SDN). “Sebagian ada juga di SMPN dan SMAN,” katanya.

Bangunan sekolah tua yang terbukti roboh salah satunya berlokasi di ruang Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 4 Kota Bekasi Jalan Komodo Raya Perumnas I Bekasi Selatan.

Ruangan laboratorium IPA berukuran 15 x 9 meter persegi itu roboh pada seluruh bagian atapnya, Senin 28 Nopember 2016 pukul 08:20, sedangkan sejumlah dinding yang menjadi penyangga atap retak dan miring.

“Kami sudah mengusulkan bidang baru yang menangani sarana dan prasarana bangunan sekolah. Mudah-mudahan 2017 sudah bisa aktif bidang tersebut,” ujarnya.

Sejauh ini katanya, pemeliharaan bangunan sekolah tak maksimal karena mengandalkan anggaran dari Biaya Operasional Sekolah Daerah (BOSDA).

Sebab, anggaran tersebut harus dibagi dengan biaya operasional sekolah lain. “Bidang baru bisa mengusulkan anggaran khusus untuk pemeliharaan bangunan sekolah, sehingga pemeliharaan bisa berjalan dengan maksimal,” katanya.[SUB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.