Bekasi Online

Dishub Tutup Jalur Motor di Jalan Ahmad Yani

Ilustrasi
Ilustrasi

POSBEKASI.COM – Dinas Perhubungan Kota Bekasi, menutup sementara jalur lambat Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, yang selama ini digunakan pengendara sepeda motor dan angkot akibat adanya proyek pembangunan pedestrian di lokasi tersebut.

“Penutupan jalur lambat ini akan memakan waktu hingga Oktober 2016 karena sedang dilakukan pembuatan pedestrian,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana di Bekasi, Selasa 30 Agustus 2016.

Dikatakannya, seluruh kendaraan yang melintasi di jalur lambat akan dialihkan ke jalur cepat untuk sementara waktu sampai proses pengerjaan proyek rampung dilaksanakan.

Pantauan di lokasi memperlihatkan pengalihan arus kendaraan ini mengakibatkan jalur cepat di ruas depan Gedung Islamic Centre Bekasi menjadi macet.

Proyek pengerjaan fisik pedestrian itu saat ini mulai bergulir, nampak sejumlah pekerja menggali tanah di sekitar bahu Jalan Ahmad Yani tepatnya di simpang Bekasi Cyber Park (BCP).

Proses pembongkaran trotar lama di bagian barat dilakukan petugas menggunakan dua alat berat secara hati-hati, karena masih tertanam sejumlah kabel utilitas.

Proyek pedestrian di lokasi itu akan membentang di Jalan Ahmad Yani sepanjang 1,5 kilometer mulai dari simpang BCP hingga Jembatan Layang KH Noer Alie Summarecon.

Rencananya, pedestrian itu akan memiliki lebar sekitar 5 meter yang terbagi atas jalur sepeda 3 meter, pejalan kaki 1,2 meter, dan sisanya untuk taman.

Pedestrian itu akan dibuat dengan menggunakan coran pasir berwarna merah untuk jalur sepeda, dan warna hijau bagi pejalan kaki.

Di bagian bawah pedestrian akan dibuat saluran air dan gorong-gorong utilitas.

Proyek ini tidak mengandalkan APBD Kota Bekasi, tapi menggunakan dana hibah dari Pemrov DKI dan Pemprov Jabar senilai total Rp15 miliar.[ANT/IMH]

BEKASI TOP