Bekasi Online

Pemkab Bekasi Targetkan 17 Ribu Ton Padi

Menanama padi.[DOK]
Menanama padi.[DOK]
POSBEKASI.COM – Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten Bekasi, menargetkan produksi 17 ribu ton gabah/padi pada 2016.

“Target ini untuk memenuhi permintaan pemerintah pusat terkait ketahanan pangan,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan DPPK Kabupaten Bekasi Nur Chaidir di Kabupaten Bekasi, kemaren.

Menurutnya, dalam pemenuhan target itu dilakukan gerakan tanam serentak antara lain di Cabangbungin, Muaragembong, Pebayuran, dan Sukakarya.

Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi dan percontohan dengan memberi semangat kepada petani untuk gia menanam padi.

Ini dikarenakan luas sawah di Kabupaten Bekasi tercatat 51.460 hektar. Sedangkan target 17 ribu ton dapat dicapai dalam sekali panen.

Menurutnya, dalam setahun bisa dua hingga tiga kali panen. Ini dimaksudkan agar kesejahteraan petani meningkat.

Oleh karena itu, perlu kerja sama dalam penanaman bibit padi hingga pemberantasan hama karena hama menjadi salah satu penyebab gagal panen.

Selain itu juga faktor iklim menjadi penyebab gagal panen yang sering terjadi di musim yang tidak menentu. Ini dikarenakan bibit padi yang memerlukan air.

Dikatakannya, untuk memenuhi target yang menjadi harapan pemerintah pusat itu, baru dialokasikan saluran irigasi dengan kapasitas air tetap.

“Air irigasi ini diambilkan dari aliran sungai di daerah setempat dengan memotong jalur alirannya,” katanya.[ANT/FER]

BEKASI TOP