posbekasi.com

Kawasan Proyek jadi Kampung Cina Bekasi

Kawasan Proyek Bekasi.[DOK]
Kawasan Proyek Bekasi.[DOK]
POSBEKASI.COM – Dinas Tata Kota Bekasi, berupaya mengembalikan pesona Kampung Cina di kawasan Pertokoan Proyek Kecamatan Bekasi Timur, yang kini luntur tergerus perubahan zaman.

“Kami akan merestorasi kawasan Proyek menjadi kota lamanya, yakni kawasan Kampung Cina dengan daya tarik budaya dan sejumlah ikon bangunan klasik yang kini ada,” kata Kepala Dinas Tata Kota Bekasi Koswara di Bekasi, kemaren.

Kawasan pertokoan Proyek pada zaman dahulu merupakan pusat kota di Bekasi dengan dominasi warga keturunan Tionghoa.

“Pada kawasan itu banyak berdiri bangunan dengan ornamen kebudayaan Cina yang kuat, di antaranya Klenteng Hok Lay Kiong Kiong dan bangunan tempat tinggal,” katanya.

Dikatakannya, restorasi Kampung Cina di kawasan Proyek saat ini sedang dalam proses sayembara desain tata ruang.

“Kami sedang menggelar sayembara untuk melibatkan masyarakat menentukan desainnya seperti apa,” katanya.

Sejumlah ornamen yang disasar dalam peroses restorasi tersebut di antaranya fasad (exterior) bangunan kota lama dan sejumlah ikon kawasan yang berpotensi menjadi tujuan wisatawan.

“Akan dibahas konsep pariwisatanya, apakah pertokoan atau pusat kuliner. Khusus untuk klenteng sekelilingnya akan dibagusin,” katanya.

Kawasan yang disasar dalam proyek restorasi itu di antaranya Jalan Ir H Djuanda dan Jalan Mayor Oking.

“Kami menargetkan sayembara desainnya akan rampung tahun ini, jadi 2017 fisiknya sudah bisa dimulai,” katanya.

Terkait dengan kebutuhan anggaran, kata dia, pihaknya akan menggandeng pihak swasta maupun masyarakat setempat untuk bersinergi dalam pembiayaan proyek itu.

“Tokoh-tokoh masyarakat juga akan kita libatkan dalam kegiatan itu sehinga hasilnya bisa sesuai dengan yang diharapkan,” katanya.[ANT/IDH]

BEKASI TOP