Bekasi Online

Transjabodatabek Ekspress Akan Meluncur di Bekasi

Transjabodatabek.[YAN]
Transjabodatabek.[YAN]
POSBEKASI.COM – Dinas Perhubungan Kota Bekasi, menyambut positif wacana operasional transportasi massal Bus Transjabodetabek Ekspress di wilayahnya.

“Pada intinya, kami menyambut baik gagasan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) terkait operasional Bus Transjabodetabek Ekspress di Kota Bekasi sebagai alternatif berkendara bagi warga kami,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana di Bekasi, kemaren.

Dikatakannya, bus tersebut digagas oleh BPTJ untuk memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum sehingga titik kemacetan di Jabodetabek dapat terurai.

“Secara fisik dan konsepnya mirip dengan Bus Transjakarta yang saat ini sudah beroperasional di Bekasi, namun cakupan trayeknya saja yang lebih luas hingga Jabodetabek,” katanya.

Menurut Yayan, sebanyak lima jalan nasional di wilayah Kota Bekasi akan diarahkan menjadi koridor Transjabodetabek.

Jalan tersebut di antaranya, Jalan Sultan Agung, Jalan Sudirman, Jalan Ir H Djuanda, Jalan Djoyomartono dan Jalan Ahmad Yani.

“Namun perlu saya ingatkan, bahwa kondisi jalan di Jakarta dengan di Kota Bekasi berbeda. Kami tidak memiliki jalur khusus untuk bus karena lebar jalan yang terbatas. Itu yang harus menjadi pemikiran bersama,” katanya.

Dikatakan Yayan, operasional Bus Transjabodatabek Ekspress hingga kini masih dalam tahap kajian dan baru sebatas gagasan yang disampaikan BPTJ. “Masih dalam tahap pembicaraan. Mudah-mudahan lancar dan cepat terealisasi,” katanya.[ANT/IDH]

BEKASI TOP