Bekasi Online

Jasa Marga Jakarta-Cikampek Lengkapi Ruang Informasi

Ruang informasi.[DOK]
Ruang informasi.[DOK]
POSBEKASI.COM – PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek menyediakan sejumlah fasilitas penunjang kerja bagi para wartawan dalam memantau informasi seputar situasi arus lalu lintas Tol Jakarta-Cikampek.

“Fasilitas yang kami sediakan memang masih sangat sederhana karena sifatnya darurat, namun kami tetap berkomitmen untuk berupaya semaksimal mungkin membantu kerja para wartawan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” kata Humas Jasa Marga Cabang Tol Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto di Bekasi, kemaren.

Menurut dia, pihaknya menyediakan sebuah ruangan berukuran 10×5 meter di lantai dua gedung Sentral Komunikasi Jasa Marga Jalan Teungku Umar, Kelurahan Sepanjangjaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, untuk tempat kerja para wartawan.

Ruangan tersebut dilengkapi fasilitas pendingin udara, karpet, makanan dan minuman serta sejumlah sumber listrik untuk perangkat elektronik.

Dari ruangan tersebut, sejumlah awak media elektronik maupun cetak dapat memantau langsung pergerakan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek dari ruang CCTV.

Senkom Jasa Marga menyediakan sebanyak 72 layar pantau CCTV dari berbagai titik lintasan terkini jalan Tol Jakarta hingga Cikampek.

“Petugas piketnya kami bagi menjadi tiga shift, di antaranya shift 1 pada pukul 06.00-14.00 WIB, shift 2 pukul 14.00-21.00 WIB dan shift III mulai pukul 21.00-06.00 WIB,” katanya.

Petugas piket tersebut setiap harinya bekerja memantau situasi lalu lintas mulai dari kemacetan, kecelakaan hingga pemberlakuan rekayasa lalu lintas.

Iwan mengatakan niatnya untuk mengembangkan ruang kerja wartawan itu menjadi lebih representatif lagi ke depan, mengingat selama ini PT Jasa Marga belum menyediakan tempat representatif bagi para wartawan.

“Kami siap menjadi proyek percontohan bagi cabang kerja maupun grup perusahaan PT Jasa Marga dalam pengembangan ruang kerja wartawan,” katanya.

Sementara itu, wartawan harian Kompas cetak Hari Susilo (33) mengaku sangat terbantu dengan adanya fasilitas kerja tersebut.

“Biasanya setiap musim mudik Lebaran saya ditugasi memantau kondisi ruas tol dan ditempatkan di Gerbang Tol Cikampek. Namun dengan adanya ruang kerja di Senkom Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek ini, saya cukup pantau dari satu lokasi untuk melihat situasi tol terkini,” katanya.

Hari juga berharap agar komunikasi yang dibangun antara pihak pengelola jalan tol dengan awak media dapat lebih diintensifkan lagi demi membuka informasi seluas-luasnya kepada masyarakat.[ANT/FER]

BEKASI TOP