Bekasi Online

‘Kaptein” Spesialis Rumkos Bekasi dan Depok Ditembak

POSBEKASI.COM – Dua pelaku pencurian spesialis rumah kosong (rumkos) yang beroperasi di Bekasi dan Depok ditembak aparat Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Pelaku IR alias ‘Kapten’ dan RD ditembak usai melakukan aksi terakhirnya di Perumahan Bougenvile Blok B3, RT 02, RW 05 Jatibening, Pondokgede, Bekasi, pada 5 Februari 2015.

“Pelaku menjarah harta benda korban berupa perhiasan emas, jam tangan, power suply organ dan tatakan organ serta Nintendo DS. Komplotan ini ada dua orang DPO yakni DD dan ML,” kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Heru Pranoto, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (13/2/2015).

Meski sempat kabur dari sergapan petugas, akhirnya kedua pelaku itu terjungkal setelah ditembus timah panas dari aparat.

“Para tersangka dilumpuhkan,  saat hendak ditangkap melarikan diri dan melawan petugas,” kata Heru.

Modus yang dilakukan oleh dua bandit ini berpura-pura bertamu ke rumah yang sudah menjadi sasaran.

“Jadi mereka mengetuk pintu rumah dulu, pura-pura tanya alamat. Dan jika tidak ada yang menjawab, para pelaku langsung masuk ke dalam rumah,” terang Heru.

Para pelaku kata Heru, mempunyai peran masing-masing seperti penyurvei lokasi untuk menjalankan aksinya.

“Ada yang survei dan eksekutor,” lanjutnya.

Sementara, Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Didik Sugiarto mengatakan, sebelum melakukan aksinya para pelaku melakukan penelusuran rumah-rumah mewah.

“Tersangka IR ini kaptennya, dia yang mengetuk pintu pagar rumah dan mengucapkan salam untuk memastikan rumah sasaran dalam keadaan kosong atau ada penghuninya,” kata Didik.

Mengetahui rumah tersebut kosong, kata Didik, para pelaku langsung masuk ke dalam rumah dan menggondol harta benda pemilik rumah tersebut.

Sedangkan Kanit V Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Handik Zusen, mengatakan, para tersangka juga tidak segan-segan melukai korbannya jika kepergok mencuri.

“Mereka tidak segan-segan untuk melukai korbannya,” kata Handik.(idam)

BEKASI TOP