posbekasi.com

Literasi Kunci Sukses Pendidikan Nasional

posBEKASI.com | Oleh: H. Syahrir (Ketua Dewan Pembina Gerakan Literasi Nasional “Gareulis” Provinsi Jawa Barat)

Literasi adalah landasan pendidikan yang dibekali pengetahuan serta kunci pintu kesuksesan bagi generasi yang tumbuh dan kembang untuk memimpin negeri di masa depan.

Pendidikan bukan sekedar gelar atau ijazah tetapi terpenting adalah ilmu atau pengetahuan yang diperoleh dapat berkontribusi dan sumbangsih untuk bangsa dan negara dengan menjunjung adab dan kemanusiaan untuk kehidupan mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat hingga berbangsa dan bernegara.

Karena itu, kehidupan manusia adalah literasi yang terus berkembang, maju hingga unggul untuk Indonesia unggul.

Sistem pendidikan dengan konsep Merdeka Belajar, merupakan bebasnya rakyat dari kebodohan agar masa depan bangsa tidak tertinggal dengan negara atau bangsa lain.

Karena itu, literasi menjadi hal penting sebagai landasan pendidikan yang mendidik generasi muda untuk cita cita dan kesuksesan membangun bangsa yang cerdas menuju Indonesia Emas 2045.

Literasi juga merupakan penggerak perubahan untuk membawa Indonesia lompat ke masa depan yang lebih baik dan dapat bersaing guna dengan bangsa lain.

Era digitalisasi terus bergerak, dengan semakin canggihnya dunia teknologi yang tidak terbendung kan, maka Indonesia harus terus berjuang membangun dan membangkitkan literasi mulai dari usia dini.

Indonesia harus bangkit, dengan literasi dan pendidikan maju.

Selamat Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2024.

Penulis adalah Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

 

Adikarya Parlemen

BEKASI TOP