posbekasi.com

2.000 KK akan Terima Dana Kompensasi TPA Burangkeng Rp100 Ribu per Bulan

TPA Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi..[Posbekasi.com /Dokumentasi]

posBEKASI.com | CIKARANG – Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan Pemkab Bekasi akan membayarkan kompensasi kepada 2.000 Kepala Keluarga (KK) di Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Rp100 ribu per bulan untuk masing-masing KK sebagai uang kompensasi dampak TPA Sampah Burnagkeng.

Sebelumnya diungkapkan jika keterlambatan pembayaran uang kompensasi warga berdampak bau dari TPA sampah di Desa Burangkeng mengalami keterlambatan karena belum lengkapnya dokumen dari pihak Desa Burangkeng dan Kecamatan Setu.

“Tinggal kita menunggu dokumen lengkap penerimanya dari pihak desa dan kecamatan,” ungkap Dani dikutip dalam keterangannya, Sabtu 30 September 2023.

Lebih lanjut dikatakannya, jika pencairan dana tersebut dilakukan sesuai dengan Permendagri, yaitu melalui rekening pemerintah desa lalu menyalurkannya ke masyarakat yang menerima kompensasi uang dari keberadaan TPA Burangkeng.

“Namun setelah di SK Bupati dan kemudian di cek oleh BPKAD hal itu harus sesuai Permendagri yang mengatur harus ke rekening Desa dulu, lalu selanjutnya desa mengirim ke masing -masing masyarakat penerima,” ucapnya.

Jika tahapan dokumen lengkap, selanjutnya dipastikan akan langsung di transfer ke rekening Pemerintah Desa Burangkeng. Setelah itu, Pemerintah Burangkeng yang akan memberikan langsung kepada masyarakat di desanya.

Kepala Desa Burangkeng, Nemin mengatakan pihaknya sudah menyerahkan kelengkapan dokumen kepada Pihak Pemda Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi.

“Ya tadinya saya berharap, pihak Pemda langsung bisa transfer ke warga saja, jangan lagi ke rekening pemerintah desa,” katanya.

Nemin berharap Pemda Bekasi segera bisa mencairkan anggaran untuk kompensasi warga secepatnya, sehingga warga dapat segera menerima manfaat uang kompensasi tersebut.

“Ya intinya saya berharap ada secepatnya pembayaran buat warga, sehingga warga tidak menanyakan haknya lagi,” katanya. [gha]

BEKASI TOP