posbekasi.com

Prediksi Indonesia vs Turkmenistan di Kualifikasi AFC U-23

Pesepakbola Timnas Indonesia Marcelino Ferdinan (kanan) berselebrasi bersama Pratama Arhan (kiri) usai berhasil mencetak gol ke gawang Chinese Taipei pada pertandingan grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2023). (Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/Spt.)

posBEKASI.com | JAKARTA – Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Turkmenistan U-23 pada laga kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Laga ini akan digelar di Stadion Manahan, Selasa (12/9/2023) pukul 19.00 WIB.

Skuad Garuda Muda memiliki bekal positif usai menang telak 9-0 atas Taiwan U-23 di matchday pertama Grup K. Kemenangan besar ini membuat pasukan Shin Tae-yong itu duduk di puncak Grup K dengan koleksi 3 poin dengan selisih gol+9.

Sementara Turkmenistan ‘hanya’ menang 4-0 ketika berjumpa Taiwan di mana pada laga tersebut, Shamammed Hydyrov tampil sangat menonjol. Pemain dengan nomor punggung 11 itu mencetak hattrick dan aksinya harus diwaspadai barisan pertahanan Indonesia.

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-23 hanya perlu bermain imbang saja kontra Turkmenistan U-23 untuk mengunci juara grup K. Jika skenario itu terjadi, maka skuad Garuda Muda akan mencetak sejarah yakni lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Untuk diketahui, juara dari masing-masing grup akan memperoleh tiket lolos ke Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Sementara runner-up di masing-masing grup hanya akan memperebutkan 4 tiket yang nantinya akan diranking dengan poin dan selisih gol terbanyak.

Meski memimpin klasemen sementara Grup K, Timnas Indonesia U-23 harus tetap mewaspadai Turkmenistan. Pasalnya, secara head to head Timnas Indonesia U-23 selalu kalah dari Turkmenistan U-23.

Kedua tim sejauh ini sudah bertemu sebanyak dua kali yaitu di Babak Pertama Kualifikasi Olimpiade 2012 Zona Asia. Saat itu Timnas Indonesia U-23 menghadapi Turkmenistan U-23 dalam format home away.

Timnas Indonesia U-23 lebih dulu menjamu Turkmenistan di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, pada 23 Februari 2011. Ketika itu Indonesia kalah 1-3 dari Turkmenistan.

Kemudian pada pertemuan kedua Timnas Indonesia U-23 kalah 0-1 dari Turkmenistan di Stadion Olimpiade, Ashgabat, pada 9 Maret 2011. Gol semata wayang Turkmenistan dicetak Ruslan Mingazov pada menit ke-25.

Meski kalah dari rekor pertemuan, Timnas Indonesia U-23 kini kualitasnya jauh lebih berbeda. Sebagai tuan rumah, Marselino Ferdinan cs tentu bertekad untuk mengalahkan Turkmenistan U-23 karena bermain di hadapan ribuan suporter Garuda Muda.

Fakta-fakta di atas akan membuat laga Timnas Indonesia U-23 Vs Turkmenistan U-23 bakal berjalan sengit. Status tuan rumah Timnas Indonesia U-23 mungkin bisa menjadi pembeda dalam meraih kemenangan tipis seperti 1-0 atau 2-1 atas Turkmenistan U-23.

Perkiraan Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari; Rio Fahmi, Elkan Baggot, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri; Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Rafael Struick.

Perkiraan Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari; Rio Fahmi, Elkan Baggot, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri; Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Turkmenistan U-23 (4-4-2): Rustem Ahallyyev; Roman Galkin, Vepa Zhumaev, Dovran Berdiyev, Ykhlas Toydzhanov; Arzuvguly Sapargulyev, Teymur Charyyev, Mirza Beknazarov, Khodzhanazar Gurbanov; Rakhman Muratberdyev, Shamammed Hydyrov.

Pelatih: Ahmet Agamyradov. [rri/ant]

BEKASI TOP