posbekasi.com

Sejalan dengan Kadisdik Jabar, Syahrir: Siswa Harus Rencanakan Masa Depan dengan Talenta dan Bakat Milih SMA atau SMK

H. Syahrir SE, M.IPol, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dan Dewan Pembina Gerakan Literasi Nasional (GLN) Gareulis Jawa Barat. [Posbekasi.com /Dokumentasi]

posBEKASI.com | BEKASI – Tahun ajaran baru, siswa-siswi khususnya peserta didik untuk sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) diharapkan dapat memilih bakat, kemampuan dan telenta untuk diasah sewaktu memilih sekolah apakah, SMA  (Sekolah Menengah Atas) atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

“Karena, pemilihan masuk sekolah sangat penting, apakah SMA atau SMK. Ketahui dulu bakat dan kemampuan hingga saat pemilihan sekolah dapat berprestasi dan menentukan masa depan,” kata Dewan Pembina Gerakan Literasi Nasional (GLN) Gareulis Jawa Barat, H. Syahrir, SE, M.IPol, ketika dihubungi redaksi, Sabtu 30 Juni 2023.

Syahrir yang merupakan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat ini, sejalan dengan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Wahyu Wijaya, yang memberikan arahan pada siswa-siswi untuk memiliki rencana masa depan.

“Rencana masa depan generasi muda harus tahu memilih sekolah yang dibutuhkannya sesuai bakat dan kemampuannya. Kelak setelah lulus dari SMA atau SMK maka generasi muda dapat menata masa depannya lebih gemilang,” tutur Syahrir.

Sebagaimana diungkapkan Kadis Pendidikan Jabar, Wahyu Mijaya, pada saat Pembinaan Kepala SMA, SMK, SLB se-Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah VIII di Cileunyi, Selasa 27 Juni 2023, meminta jajarannya, “Arahkan siswa-siswi kita untuk memiliki rencana masa depan di hidupnya!”.

Kadisdik menganalogikan masa depan seperti berkendara, harus tahu arah tujuannya dan tahu cara untuk sampai ke sana.

“Misal tujuannya ke Jakarta, nah tujuannya pun luas, lalu ada yang bisa dicapai dengan satu jam, dua jam bahkan tiga jam. Kalau sudah punya rencana, pasti bisa (sampai),” ujarnya.

Selain itu, Kadisdik mendorong diperkuatnya pendidikan karakter bagi siswa untuk meningkatkan kedisiplinan, rasa mandiri, dan daya juang. “Salah satunya, dengan memberi contoh dan teladan,” imbuhnya. Adikarya Parlemen

BEKASI TOP