posbekasi.com

Ini Manfaat Puasa Sunnah pada Kesehatan

Ilustrasi

posBEKASI.com | BEKASI – Hari Raya Idul Adha dirayakan oleh seluruh Muslim di dunia beberapa hari lagi. Sebelum merayakannya, umat Muslim biasanya akan menjalakan tiga ibadah puasa sunnah.

Ibadah puasa tersebut merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pahala dan keberkahan di bulan Dzulhijjah. Dan ketiga puasa sunnah yang dapat dikerjakan sebelum Idul Adha, yakni puasa dzulhijjah, tarwiyah dan arafah.

Banyak studi yang telah membuktikan manfaat berpuasa bagi kesehatan fisik dan mental. Lantas, apa saja sih manfaat berpuasa bagi kesehatan, yang dikutip dari Halodoc.

1. Memperbaiki Fungsi Otak

Sebuah studi telah membuktikan bahwa puasa dapat memicu pertumbuhan sel saraf baru di otak. Itu sebabnya, puasa bisa membantu memperbaiki fungsi otak, termasuk melindungi otak dari risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Selain itu, puasa sebulan penuh juga bisa membentuk rute jaringan baru di otak. Sehingga membantu terbentuknya pribadi manusia secara biologis, psikologis, dan fungsional.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebuah studi melaporkan bahwa berpuasa selama tiga hari atau lebih bisa memicu proses regenerasi sistem kekebalan tubuh. Yakni secara menyeluruh pada orang di segala usia.

Studi lain dari Universitas South Carolina juga melaporkan bahwa berpuasa memicu sel-sel induk untuk memproduksi sel-sel darah putih baru. Sehingga berdampak pada meningkatnya daya tahan tubuh untuk melawan infeksi penyakit.

3. Meningkatkan Rasa Bahagia

Secara psikis, puasa bisa menanggulangi stres dan depresi. Ini karena puasa merupakan ajang untuk mengendalikan diri, termasuk dari pikiran, perasaan, dan perilaku negatif.

Oleh karena itu, setelah beberapa hari berpuasa, tubuh akan memproduksi lebih banyak endorfin. Yaitu hormon yang berperan dalam mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, serta bahagia.

4. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan Manusia

Puasa bisa merangsang peningkatan hormon pertumbuhan manusia (HGH). Mengapa ini penting?

Hal ini karena HGH sangat efektif dalam mengatur metabolisme, membangun massa otot, membakar lemak. Serta juga meningkatkan kekuatan otot, dan menurunkan berat badan tanpa kehilangan otot.

5. Mengatasi Resistensi Insulin

Terlalu banyak konsumsi karbohidrat dan gula bisa membuat tubuh resisten terhadap insulin. Akibatnya, anda lebih berisiko terkena penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan diabetes tipe-2.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi resistensi insulin adalah dengan berpuasa. Salah satu studi melaporkan bahwa puasa efektif dalam menjaga kadar gula darah (glukosa) dan berat badan pada orang yang mengidap diabetes tipe-2.

6. Menyehatkan Jantung

Studi yang dilakukan di Utah, menunjukkan bahwa orang yang berpuasa secara teratur memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah. Dibandingkan mereka yang tidak menjalankan puasa.

Sebab, berpuasa secara teratur mendorong tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi utama. Dampaknya, kolesterol di dalam tubuh akan berkurang, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung. [rri]

BEKASI TOP