posbekasi.com

Kemenkes dan USAID Tutup Program Penanggulangan Covid-19

Acara penutupan progam penanggulangan pandemi Covid-19 Kementerian Keesehatan dan USAID (Foto: Humas Kemenkes)

POSBEKASI.com | JAKARTA – Kementerian Kesehatan dan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) resmi mengakhiri program penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Penutupan program tersebut dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Wakil Dubes AS untuk Indonesia, Michael F. Kleine, mengatakan program tersebut sukses menurunkan angka kematian akibat Covid-19 secara signifikan. “Indonesia dan AS berhasil menghadapi pandemi Covid-19 secara bersama-sama,” ujarnya.

Michael menambahkan pemerintah AS melalui USAID telah memberikan bantuan untuk penanggulangan pandemi sebesar USD65 juta. Bantuan tersebut telah menjangkau lebih dari 90 persen masyarakat Indonesia dan 840 ribu petugas kesehatan.

USAID juga menyalurkan lebih dari 100 juta dosis vaksin kepada Pemerintah Indonesia. “Itu termasuk 42 juta dosis yang disumbangkan dan didatangkan langsung dari AS,” ujar Michael.

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, mengatakan bantuan bilateral AS selama 20 tahun terakhir telah melebihi USD5 miliar. “Itu termasuk USD1 miliar lebih untuk memperkuat sistem kesehatan Indonesia,” ujarnya. [rri]

BEKASI TOP