Bekasi Online

Warga Transmigrasi Bekasi Berhasil di Gorontalo

Kantor Bupati Bekasi.[DOK}
Kantor Bupati Bekasi.[DOK}
POSBEKASI.COM – Lima kepala keluarga yang mengikuti program transmigrasi dari Kabupaten Bekasi, dinilai berhasil mengembangan ekonomi kerakyatan di Ayumaleno, ke Gorontalo, Sulawesi Selatan.

Hal itu diungkapkan, Kepala Seksi Perluasan dan Kesempatan Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bekasi, Endah Sriwidianingsih, Minggu 8 Januari 2017.

Menurutnya, sepanjang tahun 2016 warga yang mengikuti program transmigrasi hanya lima orang. “Kelima kepala keluarga itu melakukan cocok tanam ubi cilembu sebagai penghasilan utama,” kata Endah.

Keberhasilan kelima transmigrasi itu, Endah berencana akan kembali mengirim warga ke Gorontalo. “Tetapi lokasi yang berbeda dari sebelumnya yakni di Bukit Aren. Untuk itu sebelum pengiriman warga lokal ini berlangaung, akan dilakukan penjajakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ini perlu dilakukan guna melihat kondisi daerah guna memberikan rasa aman dan nyaman. Setelah dilakukan penjajakan akan melapor ke pusat untuk tindaklanjut langkah berikutnya,” terangnya.

Sementara, untuk tahun 2017 daerah tujuan baru transmigrasi di Kalimantan Timur. Sebelum sebelum calon transmigrasi dikirim ke daerah penempatan lebih dahulu diberikan pembekalan keahlian.

“Dalam program Transmigrasi ini telah banyak membuktikan keberhasilan daripada yang tidak,” ujarnya.[ROM/BEN]

BEKASI TOP