posbekasi.com

Tiga Orang Tewas Tertimbun Longsor di Area Tambang Pasir Cianjur

Longsor area penambangan pasir timbun tiga orang pekerja meninggal dunia di Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (4/2/2023) dini hari. [Posbekasi.com /BPBD Cianjur]

POSBEKASI.com | CIANJUR – Longsor area penambangan pasir timbun tiga orang pekerja hingga ditemukan dan berhasil dievakuasi sudah meninggal dunia di Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (4/2/2023) dini hari.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan, Senin (6/2), ketiga korban meninggal merupakan operator alat berat yang sedang melakukan penambangan.

“Longsor yang menimbun tiga pekerja meninggal dunia, juga menyebabkan enam alat berat terdiri dari tiga truk dan tiga excavator turut tertimbun,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulisnya diterima redaksi, Senin 6 Februari 2023.

Pada saat kejadian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan tim gabungan langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan penanganan darurat, melakukan assesment dan mengevakuasi korban.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada semua unsur di daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan potensi bencana hidrometeorologi basah di periode puncak musim hujan seperti banjir dan longsor. Perhatikan kondisi lereng saat melakukan pekerjaan galian di lokasi berizin. Pascagempa Cianjur akhir tahun lalu, banhak rekahan-rekahan tebing yang mungkin tidak terlihat dan sangat labil. Gunakan selalu prosedur keamanan dan keselamatan kerja saat melaksanakan kegiatan di kawasan rawan longsor.[BUY]

BEKASI TOP