Posbekasi.com

Belgia Dipermalukan Maroko 0-2

Para pemain Timnas Maroko bersujud merayakan gol ke gawang Belgia pada laga kedua Grup F Piala Dunia Qatar 2022 di Al Thumama Stadium, Minggu (27/11/2022) malam WIB. (Foto: fifa.com)

POSBEKASI.com | QATAR – Belgia secara mengejutkan dipermalukan Maroko pada laga kedua Grup F Piala Dunia Qatar 2022. Hazard dkk. harus takluk 0-2 dari Maroko di Al Thumama Stadium, Minggu (27/11/2022) malam WIB.

Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Namun, Maroko mengejutkan Belgia dengan mencetak gol lewat tendangan bebas Abdelhamid Sabiri di menit ke-73. Zakaria Aboukhlal membunuh laga dengan mencetak gol di masa injury time dan membawa negaranya menang 2-0 atas Belgia.

Hasil ini membuat Maroko untuk sementara memuncaki klasemen Grup F dengan 4 poin dari dua pertandingan. Mereka unggul 1 poin dari Belgia yang membuntutinya di peringkat kedua.

Begitu pertandingan dimulai, Skuad Maroko langsung memberikan pressing kepada para pemain Belgia. Berhasil merebut bola, Hakim Ziyech mengirimkan umpan silang tinggi ke area penalti Belgia di menit ke-5. Sial baginya, pertahanan lawan memotong umpan silangnya dengan nyaman.

Setelah itu, giliran Belgia yang melakukan serangan balik cepat. Michy Batshuayi memiliki ruang dan waktu di dalam kotak penalti setelah menerima umpan yang rapi. Akan tetapi, tembakannya ke sudut kiri bawah diselamatkan dengan gemilang oleh Munir Mohamedi.

Dari segi penguasaan bola, Belgia memang lebih mendominasi. Namun, Eden Hazard dan kawan-kawan masih buntu dalam membangun serangan hingga menit ke-35. Lalu, Kevin De Bruyne melakukan tendangan bebas di menit 40. Sialnya, bola hanya melewati mistar gawang.

Di akhir babak pertama, Maroko pun memiliki peluang melalui tendangan bebas. Hakim Ziyech yang menjadi penendang sukses memasukkan bola melewati penjaga gawang Thibaut Courtois. Sialnya, wasit Cesar Arturo Ramos menganulir gol tersebut setelah meninjau menggunakan VAR. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Maroko mengambil inisiatif menyerang di awal babak kedua. Ziyech mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi bola masih bisa diamankan oleh Courtois.

Belgia menyerang lewat Eden Hazard yang menembus pertahanan Maroko dari kanan. Hazard melepaskan tembakan ke arah tiang dekat, tapi Munir Mohamedi menepisnya.

Maroko memimpin pada menit ke-74. Abdelhamid Sabiri membobol gawang Belgia lewat proses gol yang mirip dengan gol Ziyech yang dianulir di babak pertama. Sabiri melepaskan tembakan langsung ke arah tiang dekat gawang untuk menaklukkan Courtois.

Belgia memasukkan Romelu Lukaku pada menit ke-81 untuk menambah daya gedor. Namun, masuknya striker Inter Milan itu tetap tak mampu menghidupkan serangan Belgia.

Justru Maroko yang menggandakan keunggulan di injury time. Ziyech melepaskan umpan tarik yang dituntaskan oleh Zakaria Aboukhlal. Alhasil, skor akhir 2-0 pun dimenangkan oleh Maroko.

Susunan Pemain

Belgia: Thibaut Courtois, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Thomas Meunier (Lukaku 81′), Thorgan Hazard (Trossard 74′), Axel Witsel, Amadou Onana (Tielemans 60′), Timothy Castagne, Eden Hazard (Mertens 61′), Kevin De Bruyne, Michy Batshuayi (De Ketelaere 75′)

Maroko: Munir Mohamedi, Noussair Mazraoui, Romain Saiss, Nayef Aguerd, Achraf Hakimi (Attiat-Allah 68′), Selim Amallah (Sabiri 68′), Sofyan Amrabat, Azzedine Ounahi (Yamiq 78′), Sofiane Boufal (Aboukhlal 73′), Youssef En-Nesyri (Hamdallah 73′), Hakim Ziyech. (rri)

BEKASI TOP