Bekasi Online

Bidan Ujung Tombak Derajat Kesehatan Masyarakat

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan pada acara Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-71 Tahun 2022, di Kota Jababeka, Kecamatan Cikarang Utara, Sabtu 13 Agustus 2022. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | CIKARANG – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan berharap Ikatan Bidan Indonesia (IBI) bisa terus berkontribusi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat maupun kesehatan lingkungan.

“Saya mengucapkan selamat atas hari ulang tahun IBI yang ke-71. Dia atas nama Pemerintah Kabupaten Bekasi mengucapakan terimkasih atas semua dharma bakti bidan di wilayah Kabupaten Bekasi yang turut membangun derajat kesehatan masyarakat,” kata Dani saat menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-71, di Kota Jababeka, Kecamatan Cikarang Utara, Sabtu 13 Agustus 2022.

Dia melihat peran bidan di Indonesia tidak hanya seperti dukun paraji dimasa lalu yang hanya membantu persalinan tapi sekarang bidan itu yang menjadi penyuluh juga menjadi pendamping bahkan menjadi penggerak dari pembangunan kesehatan khususnya kesehatan reproduksi.

Bahkan menurutnya kehadiran bidan ini sangat membantu pemerintah lantaran kehadirannya saat ini ada di semua desa di Indonesia baik yang padat penduduknya maupun yang terpencil di pelosok-pelosok.

“Ini betul-betul menjadi ujung tombak dari upaya peningkatan derajat kesehatan kita dan salah satu indikator kesehatan yang paling pokok adalah dari kesehatan reproduksi,”ujarnya.

Dengan peran bidan dia berharap harapan hidup dan angka kematian bayi maupun ibu melahirkan terus menurun dan bisa ditekan. Tapi tentu memang tidak semua bertumpu pada bidan karena kematian bayi dan ibu melahirkan banyak faktor penentunya bukan hanya aspek persalinan tetapi juga mulai dari asupan gizi ibu hamil kemudian juga kesehatan lingkungan dan ini yang paling sulit.

“Saya kira saat ini yag menjdai PR besar kita di Kabupaten Bekasi adalah pola hidup bersih dan sehat. Aspek kebersihan lingkungan khususnya dari sisi pengelolaan sampah. Kalau sarana persalinan sih sudah sampai menjangkau ke desa-desa,” tambahnya

Sementara itu Ketua PC IBI Kabupaten Bekasi, Wiwin Wulandari mengatakan dalam HUT IBI yang ke-71 ini mengusung tema perjalanan panjang profesi bidan mewujudkan generasi unggul menuju Indonesia maju.

“Mari kita cintai profesi profesi bidan ini dengan memperkuat persatuan dan persaudaraan dalam wadah organisasi ini sehingga IBI menjadi organisasi yang bermartabat sejajar dengan organisasi lain maupun organisasi tingkat dunia,” terangnya. [YLA]

BEKASI TOP