posbekasi.com

KKP Tetapkan Desa Cicinde jadi Kampung Sentral Produksi Pindang

Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang Abu Bukhori meninjau Desa Cicinde, Kecamatan Banyusari, yang ditetapkan sebagai kawasan kampung sentral produksi ikan pindang oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | KARAWANG – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Abu Bukhori, mengatakan Desa Cicinde, Kecamatan Banyusari, ditetapkan menjadi kawasan kampung sentral produksi ikan pindang oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Dalam satu hari, setiap rumah industri mampu mengolah ikan pindang 25-50 kilogram setiap hari.  “Ada 3.500 pengolahan ikan yang tersentralisasi. Dalam satu hari bisa lebih satu ton produksi,” kata Abu, Kamis 27 Januari 2022.

Hasil olahan pindang tersebut dikirim ke berbagai daerah di Jawa Barat dan Banten. Hasil olahan pindang Cicinde tak menutup kemungkinan diekspor ke luar negeri.

Oleh karena itu, untuk mendukung pengembangan hasil olahan, Dinas Perikanan Kabupaten Karawang akan melakukan program kampung kawasan pindang di Banyusari tahun 2022.

“Agar produk terjamin secara mutu dan kualitasnya,” tambahnya.

Abu optimis jika hasil olahan pindang dapat meningkatkan perekonomian daerah. Oleh karena itu, dukungan dari Dinas Koperasi dan Dinas Perdagangan harus dikuatkan agar produk dapat bersaing.[DIN]

BEKASI TOP