Bekasi Online

Target 100 Persen, Orangtua Diminta Antar Anak Vaksin ke Sekolah dan Mal Pelayanan Publik

Ilustrasi

POSBEKASI.com | KARAWANG – Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Karawang Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan para kepala sekolah yang berada di wilayahnya terkait vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun.

Camat Karawang Barat, Hj. Lasmi Ningrum menjelaskan, Rakor tersebut bertujuan untuk mengumpulkan seluruh kepala sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Karawang Barat untuk membantu koordinasi antara pihak sekolah dengan puskesmas agar bisa bersinergis dalam pelaksanaan vaksinasi.

“Rapat Koordinasi hari ini antara muspika dengan jajaran pendidikan dan puskesmas dalam rangka akselerasi atau percepatan vaksinasi pencapaian vaksin bagi anak usia 6 sampai 11 tahun, amanat atau arahan dari ibu Bupati Karawang tadi saat rapat di SDN Nagasari 6 bahwa percepatan vaksin ini harus dilakukan oleh kami karena beliau berharap dalam waktu 2 pekan sampai dengan tanggal 21 Januari, capaian vaksinasi bagi anak sekolah di usia 6-11 tahun itu bisa 100 persen,” kata Lasmi di SDIT Al-Madinah Karawang, Senin 10 Januari 2022.

Lasmi menyebutkan, sebanyak 50 sekolah dasar yang menjadi target dari pihak puskesmas dalam memberikan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di wilayahnya.

“Target ada di 21.000 sekian di Karawang Barat untuk siswa dari 50 sekolah dasar dan itu belum MI ya, kemudian juga belum ke anak PAUD dan TK ya berapa, serta anak SMP mungkin ada yang beberapa. Jadi 21.000 itu hanya ada di SD,” ujarnya.

Dia berharap, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di wilayah Kecamatan Karawang Barat bisa berjalan dengan lancar serta ia mengajak para orang tua untuk mau membawa anaknya datang ke sekolah untuk diberikan vaksin.

“Harapan kami tentunya orang tua murid ini bisa mengerti dan faham kenapa pemerintah memberikan atau mewajibkan warga negera Indonesia seluruhnya untuk di vaksin, karena sampai saat ini pandemi masih ada di Indonesia, demikian juga di Kabupaten Karawang, salah satu upaya yakni ikhtiar sehat di tengah pandemi ini adalah salah satunya dengan vaksinasi,” ungkap Lasmi.

“Jadi mohon kepada orang tua siswa di usia anak sekolah 6-11 tahun silahkan datang ke sekolah sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan oleh puskesmas untuk pelaksanaan vaksinasi. Ajak anak ke sekolah, izinkan anak untuk di vaksin agar sehat,” tambahnya.

Vaksinasi Mal Pelayanan Publik

Untuk menambah kenyamanan bagi anak yang hendak divaksin, Dinas Kesehatan Karawang juga membuka gerai sentra pelayanan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di Mal Technomart, Kawasan Galuh Mas Karawang.

Antusias masyarakat untuk vaksin di sentra vaksinasi Dinkes Karawang di MPP cukup baik. Penanggungjawab vaksinasi anak di MPP Karawang, Moch Alwi mengatakan pelayanan vaksinasi di MPP kini tak hanya untuk umum.

“Di sini juga melayani vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Jadi bagi para orang tua yang ingin anaknya divaksin bisa datang ke MPP,” ujar Alwi.

Alwi mengatakan, pelayanan vaksinasi untuk umum dan anak di MPP setiap hari dari pukul 09.00 sampai pukul 13.00 WIB. Alwi mengatakan jika antusias vaksinasi untuk anak tinggi saat hari minggu atau saat libur sekolah.

“Kita layani setiap hari untuk vaksinasi di MPP. Syaratnya anak saat divaksin dalam kondisi sehat dan membawa kartu keluarga,” ujarnya.

Salah satu pengunjung, Putro Dwi Harto, warga Telukjambe Timur, mengaku sengaja membawa anaknya ke MPP agar mau divaksin. Selain tempatnya nyaman, setelah divaksin bisa mengajak keluarganya untuk jalan-jalan ke mal dan berbelanja.

Selain di MPP, pelayanan vaksinasi untuk anak diselenggarakan juga di sekolah-sekolah dan 50 puskesmas. Data Dinas Kesehatan Karawang pada Ahad 9 Januari 2022 pukul 24.00 WIB, total sebanyak 32.318 anak usia 6-11 tahun sudah divaksin dosis pertama atau 13,49 persen, dari total target sasaran sebanyak 239.623 anak.[DIN]

BEKASI TOP