posbekasi.com

Angin Kencang Sqpu Belasan Rumah Warga Desa Tegalsari Karawang

Ilustrasi angin kencang

POSBEKASI.com | KARAWANG – Angin kencang disertai hujan lebat di wilayah Karawang menyapu sejumlah rumah warga hingga mengalami kerusakan, Jumat 26 November 2021, sekitar pukul 15.45 WIB.

Belasan rumah mengalami kerusakan terdapat di Desa Tegalsari, Kecamatan Purwasari, yakni 7 rumah  rusak berat, 4 rusak sedang dan 5 rusak ringan 5. Total warga terdampak angin kencang mencapai 19 KK atau 72 jiwa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang melaporkan tidak ada pengungsian paska insiden dan tak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

“Setelah kejadian, petugas BPBD dibantu TNI, Polri, relawan dan warga setempat membantu warga yang rumahnya rusak. BPBD telah mendata kerusakan rumah maupun jumlah keluarga terdampak angin kencang di lokasi terdampak,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D, dalam keterangan tertulisnya, Ahad 28 November 2021.

Menyikapi potensi bahaya hidrometeorologi angin kencang, BNPB mengimbau warga untuk waspada dan siap siaga terhadap ancaman bahaya. Masyarakat dapat berlindung di bawah struktur bangunan yang kuat dan menghindari berteduh di bawah pohon atau pun papan baliho. Upaya pencegahan lain, warga dapat memangkas ranting-ranting pohon yang ada di sekitar tempat tinggal. Pemangkasan ranting bertujuan untuk menghindari beban pohon saat terjadi hujan lebat maupun angin kencang.

Sementara itu, selain bahaya angin kencang, pemerintah daerah dan warga juga diharapkan untuk waspada terhadap bahaya hidrometeorologi lain, seperti banjir. Prakiraan cuaca di wilayah Purwasari terpantau berpeluang hujan ringan, sedang hingga hujan petir pada Ahad 28 November 2021. Kondisi ini masih akan berpeluang terjadi hingga akhir November 2021.[DIN]

BEKASI TOP