Bekasi Online

Abdul Azis: Bayar Zakat di Baznas sebagai Pengurang Pajak

Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Abdul Azis. [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.com | CIKARANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas ) Kabupaten Bekasi sudah terintegrasi dengan Departemen Keuangan melalui Sistem Manajemen Informasi Baznas (SIMBA) sejak tahun 2016.

Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Abdul Azis, mengatakan dengan membayar zakat di Baznas melalui program SIMBA itu menjadi pengurang pajak bruto bagi para muzakki atau bagi orang yang membayar zakat.

“Dan itu sudah diamanatkan oleh pihak kantor pajak. Selain itu dari program Simba ini juga masyarakat bisa melihat pengumpulan dan penyaluran zakat dari Baznas, ” kata Abdul Azis usai rapat kerja Baznas Kabupaten Bekasi tahun 2021, di Nuanza Hotel Cikarang Selatan, Kamis 4 November 2021.

Abdul Azis menyampaikan, Baznas Kabupaten Bekasi terus berupaya dalam mengoptimalkan pengumpulan dan pendistribusian zakat.

“Kami ekposes biar masyarakat tahu, karena kami sangat menyadari sedang mengemban dan mendapat amanah dari masyarakat untuk mengelola dana umat. Karena itu, pengelolaan zakat harus transparan dan terbuka,” tandasnya.

Selain itu, Abdul Azis mengatakan, Baznas Kabupaten Bekasi setiap tahun diaudit oleh akuntan publik maupun audit secara syariah dari Kementerian Agama.

“Setiap tiga bulan, kami juga menerbitkan majalah, disitu tercantum pengumpulan berapa, kemudian pendistribusian berapa, sehingga masyarakat mengetahui,” terangnya.[JAL]

BEKASI TOP