Bekasi Online

Kang Cecep Bantu Puluhan Truk Tanki Air Bersih Selama Sepekan untuk Masyarakat Kekeringan di Sukawangi

Anggota DPRD Jawa Barat, H.Sharir, berikan bantuan air bersih untuk warga Kampung Kedung Ringin, RT 05/03, Desa Sukaringin, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Selasa (21/9/2021). [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.COM | SUKAWANGI – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H.Sharir, SE, M.IPol, berbagi bantuan air bersih untuk warga Kampung Kedung Ringin, RT 05/03, Desa Sukaringin, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Selasa (21/9/2021).

Syahrir turun langsung ke lokasi didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Camat, dan Kepala Desa, memberikan bantuan air bersih sebanyak lima tanki, mengungkapkan persoalan kekeringan di wilayah Kabupaten Bekasi memang sudah terjadi berulang kali.

Hampir setiap tahun kata Kang Cecep_panggilan akrab_ Syharir rutin memberikan air bersih untuk masyarakat. Untuk  wilayah Kecamatan Sukawangi ini, akan memberikan air bersih selama satu pekan ke depan.

“Kekeringan di wilayah ini memang berulang-ulang, hampir setiap tahun saya melakukan kegiatan ini (memberikan air bersih). Ini antisipasi kita secara spontan,” ungkap Anggota DPRD Dapil Jabar IX usai memberikan bantuan air bersih untuk warga.

Dalam persoalan kekeringan, Syahrir menerima masukan bahwa ada beberapa kali yang memang harus menjadi antensi sepenuhnya. Syahrir akan mendorong Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk memenuhi atau mengembalikan fungsi kali atau sungai untuk mengalirkan air bersih kepada masyarakat.

“Tadi ada masukan, ada beberapa kali yang memang harus menjadi antensi sepenuhnya, nanti dorongan ke BBWS akan kita bukan kan komunikasi, untuk memenuhi atau mengembalikan fungsi kali untuk mengalirkan air bersih untuk masyarakat,” ucapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Syahrir juga menurunkan geologi Jawa Barat untuk melakukan pengkajian untuk mendapatkan masukannya mengatasi kekeringan.

“Mungkin kedalaman 60 meter dan lain-lain menjadi study kasus atau kelayakannya. Nanti kita koordinasikan juga dengan Pemda Kabupaten Bekasi terkait izin pengeboran dan lain-lain. Karena harus resmi, nanti kita coba fasilitasi semuanya agar kebutuhan air ini bisa tertangani sebelum aliran sungainya normal. Mungkin nanti kita buatkan dua sumur,” papar politisi Partai Gerindra ini.

Sementara itu, Suyati warga Kampung Kedung Ringin RT 05/03, Desa Sukaringin, Sukawangi,  sangat senang dengan adanya bantuan air bersih dari anggota DPRD Jawa Barat ini. Di mana wilayahnya dalam kesulitan air bersih beberapa tahun terakhir ini, terutama saat musim kemarau.

Suyati berharap, bisa ada solusi untuk kedepannya, agar warga tidak kesulitan air bersih lagi.

“Sangat sangat berterimakasih dengan adanya bantuan air bersih ini. Semoga kedepannya warga tidak kesulitan lagi mendapatkan air bersih,” kata Suyati.

“Air adalah suatu bagian yang paling penting dalam berkehidupan untuk makhluk hidup di muka bumi ini. Ketika kita kaitkan dengan beranalogy kehidupan manusia pun bahwa sebagian besar bahkan hingga 70% yang ada ditubuh manusia adalah air , oleh karena itu kita dalam hidup sangat sekali membutuhkan air dan dalam hal ini adalah sebuah hal yang nyata dalam berkehidupan,” ujarnya.[SFN]

BEKASI TOP