Bekasi Online

Musdes RKPDes Serentak Empat Desa Bojongmangu

Musyawarah Desa serentak Empat desa di Kecamatan Bojongmangu membahas penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa, Kamis (16/9/2021). [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.COM | BOJONGMANGU – Empat desa Kecamatan Bojongmangu menggelar Musyawarah Desa (MusDes) serentak untuk membahas penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2022.

Desa yang mengadakan Musdes tersebut yakni Desa Sukamukti, Desa Sukabungah, Desa Karangmulya dan Desa Medalkrisna.

“MusDes ini diawali oleh musyawarah di tingkat dusun (Musdus), kemudian hasil Musdus ini direkap dan dimasukanlah dalam kegiatan MusDes. Jadi ini sudah biasa kami lakuan setiap tahun, menyerap aspirasi masyarakat,” kata Camat Bojongmangu Agung Suganda saat menghadiri MusDes di Aula Kantor Desa Sukamukti, Kamis (16/9/2021).

Agung mengatakan, kegiatan Musyawarah Desa ini untuk menyepakati RKP Desa tahun 2022, dalam proses melahirkan perencanaan pembangunan yang benar-benar dibutuhkan warga, baik kegiatan infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat.

Setiap desa akan menyaring keinginan atau aspirasi masyarakat untuk kegiatan pembangunan tahun 2022 yang selanjutnya akan dibawa ke dalam Musrenbang tingkat kecamatan.

“Jadi nanti akan dipisahkan, mana yang dialokasikan dari anggaran desa, APBN, provinsi dan yang mana yang akan diajukan ke APBD Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Agung menyebutkan, anggaran yang dikelola pemerintah desa berasal dari empat sumber, yakni Anggaran Dana Desa (ADD), dari provinsi, dari APBN dan dari APBD Kabupaten Bekasi.

“Kalau yang tidak tercover oleh anggaran desa, bisa diajukan ke APBD kabupaten, seperti jalan kecamatan, jembatan, irigasi. Atau kegiatan pelatihan yang tidak bisa dicover oleh anggaran desa, kita ajukan ke dinas intansi terkait di tingkat kabupaten,” pungkasnya.[RIK

BEKASI TOP