posbekasi.com

PMI Kota Bekasi: Ayo Donor Plasma Konvalesen Sekarang!

Setetes Darah Anda Selamatkan Nyawa Mereka (PMI)

POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi mengajak penyitas atau pasien yang telah sembuh dari Covid-19 untuk menjadi pendonor plasma konvalesen untuk mempercepat penyembuhan para pasien terkonfirmasi positif yang masih dalam masa perawatan, Rabu (17/3/2021).

Plasma konvalesen dari penyitas Covid-19 digunakan untuk terapi penyembuhan pasien terkonfrimasi positif Covid-19. “Setetes Darah Anda Selamatkan Nyawa Mereka” menjadi tagline PMI Kota Bekasi untuk mengajak masyarakat menjadi pendonor plasma konvalesen sekaligus membantu proses penyembuhan pasien positif Covid-19.

Oleh karena itu, sekarang penyitas Covid-19 sudah bisa mendaftar menjadi pendonor plasma konvalesen secara online dengan cara scan QR-code atau mengisi pada link form berikut ini bit.ly/FormulirPlasmaKonvalesan, atau anda bisa datang langsung ke PMI Kota Bekasi di Jl. Pramuka No.01 Margajaya Bekasi Selatan.

KLIKWali Kota: Dekopinda Jembatan Akselerasi Pelaku UMKM dan Koperasi dengan Pemkot Bekasi

Adapula syarat untuk menjadi pendonor plasma konvalesen. Kriteria yang harus dipenuhi oleh para pendonor plasma konvalesen, yakni:
1. Usia 18-60 tahun
Laki-laki atau wanita (belum pernah hamil) usia 18-60 tahun.
2. Penyitas Covid-19
Pernah dinyatakan positif pada pemeriksaan SWAB RT PCR RNA Sars Cov-2.
3. 14 hari setelah sembuh
Sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan tanpa gejala seperti demam, batuk, pilek.

Setelah memenuhi syarat di atas, pendonor harus melalui alur donor plasma konvalesen. Alur pelayanan donor plasma konvalesen oleh para penyitas Covid-19 dilakukan bertahap dengan beberapa syarat, antara lain:
1. Persiapan Donor
Mengisi formulir donor darah dan informed consent. Seleksi donor melalui Anamnenis dan pemeriksaan fisik.
2. Pemeriksaan Laboratorium Donor
Darah lengkap – Konfrimasi golongan darah – Kadar Albumin – Anti SARSCov-2 kuantitatif – Antibodi screening – Infeksi menular lewat tranfusi darah (HIV, Hepatitis B, Hepatitis C, Sifilis).
3. Pengambilan Darah Donor
Pengambilan darah menggunakan Mesin Apheresis.

Info lebih lanjut dapat menghubungi kontak WhatsApp dibawah ini.
087780464377 (dr. Amri), 081381740150 (Yasfa).[ISH]

BEKASI TOP