posbekasi.com

Pemkab Bekasi Permudah Pengurusan Dokumen Rusak Akibat Banjir

Pengerjaan perbaikan tanggul Sungai Citarum yang jebol di Desa Sumberurip Kecamatan Pebayuran, Rabu (24/02/21). [Foto : Risky Andrianto Newsroom Diskominfo]

POSBEKASI.COM | CIKARANG PUSAT – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi akan permudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan yang rusak atau hilang akibat banjir

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan, bencana banjir di Kabupaten Bekasi yang terjadi beberapa hari lalu berdampak kepada rusak atau hilangnya beberapa dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga, Akte dan KTP.

“Kami akan permudah pengurusannya khusus korban banjir,” kata Hudaya, Kamis (25/2/2021).

Hudaya menyebutkan, dalam peristiwa banjir itu, banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan dokumen kependudukan. Untuk itu Pemkab Bekasi memberikan kemudahan bagi warga terdampak untuk mengganti atau mencetak ulang dokumen kependudukan yang tidak sempat terselamatkan saat banjir.

“Disdukcapil akan mengerahkan dua unit mobil pelayanan keliling kependudukan seperti di Desa Mekarsari, Kecamatan Tambun Selatan dan Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung. Kebetulan wilayah ini kondisinya sudah kering dari banjir yang terjadi kemarin,” ungkapnya.

Bagi warga yang hendak mengajukan layanan cetak ulang dokumen kependudukan, kata Hudaya, syaratnya hanya melampirkan surat keterangan dari RT yang nantinya dibantu oleh aparat desa setempat.

“Jadi tidak boleh diwakilkan, harus yang bersangkutan yang datang,” ujarnya.

Pihaknya memastikan warga yang mengajukan tidak perlu menunggu terlalu lama. Kendati demikian, pemerintah akan terus melakukan jemput bola dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat yang dokumennya rusak atau hilang akibat banjir.

“Untuk layanan mobil keliling ini akan disesuaikan dengan jadwal dengan melihat kondisi wilayah tersebut. Minggu depan rencananya di wilayah Kecamatan Cikarang Utara dan Kecamatan Cikarang Timur, dan selanjutnya ke wilayah Utara Bekasi,” tegasnya.[JAL]

BEKASI TOP