Bekasi Online

DLH Bersihkan Tumpukan Sampah Liar Hambat Aliran Kali Jambe

Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di tengah lautan sampah Kali Jambe, Kelurahan Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Selasa (17/8/2021). [Posbekasi.com /Dokumentasi]

POSBEKASI.com | CIKARANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi secara maraton membersihkan sampah selama tiga hari di Kali Jambe, Kecamatan Tambun Selatan, antisipasi bencana banjir yang diakibatkan tumpukan sampah menghambat arus kali.

“Dari kegiatan tersebut kita bisa melihat bahwa kondisi sungai yang menjadi target kita sudah terbebas dari sampah-sampah yang menumpuk di permukaan sungai dan bantaran kali. Sekarang sungai atau kalinya sudah bersih,” kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong, Selasa 13 September 2022.

Menurutnya, kebersihan lingkungan di wilayah Kabupaten Bekasi menjadi fokus utama Pj Bupati Bekasi yang juga meliputi aspek-aspek lainnya seperti sungai, bantaran kali, hingga sampah-sampah liar di lingkungan masyarakat.

Empat titik lokasi sampah-sampah liar yang dibersihkan di Kali Jambe tersebut antara l ain di Crossing Tol KM 19, Rumah Pemotongan Hewan (RPH), Keramat Mundu dan hilir di Desa Jejalenjaya.

“Melalui Program TANCAP GAS (Tanggulangi, Tanggap dan Cepat Gangguan Sampah di Sungai) kini fungsi sungai dan kali sudah berjalan dengan semestinya, semoga ini bisa mengurangi resiko bencana banjir jika musim hujan tiba,” ucapnya.

Ditaksir sampah-sampah yang berhasil diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS CC) dan Dinas Sumber Daya Air BMBK Kabupaten Bekasi mencapai 130 ton lebih dengan menggunakan 12 truk pengangkut sampah, dan mengerahkan 17 orang dari Tim Biyawak. [GHA]

BEKASI TOP