posbekasi.com

Pemkot Bekasi Sehari Mampu Kelola 100 Ton Sampah

Kepala BPPT Hammam Riza dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi tandatangani kesepakatan pengelolaan sampah dengan teknologi di Aula Puspitek, Tangerang Selatan, Rabu (27/1/2021). [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.COM | BEKASI -Kepala Badan Pengkaji dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menandatangani nota kesepakatan pengkajian, penerapan dan pemasyarakatan teknologi untuk mendukung pembangunan Kota Bekasi di Aula Puspitek, Tangerang Selatan, Rabu (27/1/2021).

Penandatanganan kesepahaman ini berkaitan dengan teknologi dalam pengolahan sampah di Bantargebang menjadi tenaga listrik, dukungan penuh dari BPPT untuk aspek kerjasama dalam pemusnahan sampah menggunakan teknologi terkini bukan untuk lagi mengelola sampah.

Wali Kota Bekasi mengatakan sejak DKI Jakarta memindahkan pengelolaan sampah tahun 1985 dari Cilincing ke Bantargebang, pengelolaan sampah dengan kerjasama ini akan memusnahkan sampah dengan teknologi.

“Memusnahkan sampah sebanyak 100 ton perhari bukan lagi mengelola, kemungkinan tidak ada Kota atau Kabupaten di dunia yang mampu menerima 100 ton perharinya, akan tetapi Kota Bekasi mampu,” ujar Rahmat Effendi.

Hamam Riza mengungkapkan permasalahan sampah di Kota Bekasi ialah pusat perekonomian lingkar Ibu Kota (Jabodebek) begitu besarnya pertumbuhan ekonomi dalam konteks jangka panjang pembangunan tenaga listrik tenaga sampah.

“Saya kira ini bisa menjadi program champion dan menerobos mengkomersilkan Waste 4 Change, PLTSa sebesar 100 ton ini bisa dimanfaatkan untuk projek mendorong ekosistem inovasi,” ujar Hammam Riza.[ISH]

BEKASI TOP