posbekasi.com

Parlemen: Idealnya Provinsi Jabar Punya 40 Kota Kabupaten

Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat konsultasikan CPDOB tiga wilayah ke Kementerian Dalam Negeri, Rabu (2/12/2020).[POSBEKASI.COM/IST]
POSBEKASI.COM | JAKARTA – Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat konsultasikan Calon Persiapan Daerah Otonomi Baru (CPDOB) di Jawa Barat ke Kementerian Dalam Negeri sebagai tindak lanjut rekomendasi usulan pemekaran wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut dan Kabupaten Sukabumi.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman mengatakan Provinsi Jabar secara geografis maupun demografis memiliki wilayah yang sangat luas. Dengan total jumlah penduduk di satu kabupaten hampir sama dengan penduduk di satu provinsi diluar Pulau Jawa.

“Misalnya di Kabupaten Bogor yang berpenduduk sekitar 5 juta jiwa, sedangkan di daerah lain tidak lebih paling sekitar 3 juta jiwa, sudah menjadi kabupaten kota,” ujar Bedi di Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Selain Bogor, lanjut Bedi jumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Sukabumi sangat banyak yakni 47 kecamatan.

Artinya lanjut Besi, jika dibandingkan dengan Jawa Timur total penduduk 38,85 juta jiwa serta memiliki 38 kabupaten/kota. Di Jawa Tengah memiliki total penduduk 34,71 juta jiwa serta memiliki 35 kabupaten/kota.

“Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, Jawa Barat idealnya memiliki 40 kabupaten kota dibandingkan dengan saat ini sebanyak 27 kabupaten kota. Paling tidak, totalnya ada 40 kabupaten kota di Jabar,” ungkapnya.

Bedi menambahkan, secara administratif di Jawa Barat sudah mempersiapkan segalanya jika nanti moratorium tentang otonomi daerah di cabut.

“Kami tinggal menunggu keputusan pemerintah pusat tentang moratorium DOB ini,” tandasnya.[POB]

BEKASI TOP