Bekasi Online

Poktan Desa Linggar Berhasil Memijahkan Lele Sarimbit Secara Mandiri

Komisi I DPRD Jabar mengapresiasi pemijahan ikan lele sarimbit yang dilakukan secara mandiri Poktan Desa Linggar, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Selasa (24/11/2020).[POSBEKASI.COM/IST]
POSBEKASI.COM | BANDUNG – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Tia Fitriani mengapresiasi kelompok tani (poktan) ikan lele sarimbit atas pencapaiannya menghasilkan bibit ikan lele secara mandiri. Selain itu Ia menilai poktan ikan lele sarimbit memiliki potensi yang luar biasa.

“Kelompok tani ini sudah bisa memijahkan bibit lele sendiri. Pemijahan ini sudah mulai dilakukan dan sudah berhasil uji cobanya,” ucap Tia disela-sela kunjungan kerjanya di kelompok tani ikan lele sarimbit, Desa Linggar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Selasa (24/11/2020).

Tia menambahkan diperlukan peran serta dinas terkait dalam melakukan pelatihan kepada kelompok tani sehingga mereka mampu meningkatkan sisi ekonomis dari hasil pemijahan bibit tersebut.

“Yang jelas dengan peran serta dari pemerintah provinsi Jawa Barat khususnya di dinas terkait dangat dibutuhkannya pelatihan. Sehingga para petani lebih terarah lagi, bisa meningkatkan tidak saja perekonomian keluarga dan kelompok tetapi juga masyarakat sekitar,” ujarnya.

Dikatakan Tia, para kelompok tani membutuhkan sarana dan prasarana kolam khusus untuk pemijahan bibit.

“Mereka masih membutuhkan sarana kolam khusus untuk pemijahan dikarenakan sarana yang masih terbatas. Hanya saja prasarananya tidak memadai. Yang jelas peranan dari Pemprov Jabar sangat dibutuhkan agar pemberdayaan ekonomi masyarakat bisa bangkit terbantu dari keberadaan poktan ini,” pungkasnya.[POB]

BEKASI TOP