posbekasi.com

Kelima Kalinya Kota Bekasi Raih Opini WTP

Wali dan Wakil Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Tri Adhianto bersama Ketua DPRD Kota Bekasi Chairuman, dan Inspektur Kota Bekasi Widodo menyambut WTP yang diraih Kota Bekasi untuk kelima kalinya, di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Senin (29/6/2020).[POSBEKASI.COM/IST]
POSBEKASI.COM | BEKASI – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Provinsi Jawa Barat, Kepala Kantor Perwakilan BPK RI Prov Jabar mengumumkan 4 Kota dan Kabupaten yang mendapatkan Penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019.

Melalui sambungan visual bersama Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Barat,  Arman syifa, M.Acc., Ak., CA.,CSFA diumumkan peraihan Opini WTP untuk 4 daerah yang tergabung yakni Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Indramayu.

Kota Bekasi masuk sebagai salah satu Kota yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun 2019.

Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi di dampingi Wakil Wali Kota Bekasi, Dr. Tri Adhianto, Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairuman, Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Hj. Reny Hendrawati, Inspektur Kota Bekasi, Widodo dan Kepala Perangkat Daerah lainnya turut hadir dalam kegiatan tersebut yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Senin (29/6/2020).

Wali Kota Bekasi merasa sangat bersyukur dan sangat bangga dengan capaian WTP secara berturut-turut dan ini adalah yang ke 5 kalinya.

Namun demikian peningkatan dan evaluasi yang saat ini dicapai harus terus dilakukan perbaikan guna meningkatkan kualitas laporan keuangan berikutnya. Wali Kota mengatakan pihaknya beserta Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto terus berupaya meningkatkan capaian-capaian untuk Pemerintah Kota Bekasi di semua lini penyelenggaraan pemerintahan.

“Sangat Bersyukur, dengan pengelolaan keuangan yang semakin baik diharapkan kepuasan warga juga akan lebih baik lagi,” ungkap Rahmat Effendi.

Opini WTP diperoleh dalam hal penyusunan laporan keuangan daerah yang sudah memenuhi Standar Akuntansi Pemerintahan sesuai dengan amanat PP 71 Tahun 2010, kecukupan pengungkapan,  sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap perundang-undangan dalam pengelolaan keuangan daerah.

Selain Kota Bekasi, 3 Kota/Kabupaten di Jawa Barat juga dapat mempertahankan predikat WTP diantaranya Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Indramayu.

Wali Kota Bekasi juga berharap capaian ini akan lebih memacu semangat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bekasi dalam menjalankan tugas penyerapan dan penggunaan anggaran. Kedepan menurutnya Pemkot Bekasi terus melakukan upaya perbaikan pengelolaan keuangan negara (daerah).

Pihaknya juga mengapresiasi kinerja OPD yang semakin baik dalam pengelolaan keuangan.

”Rasa syukur kita ucap terus menerus dan walau memang belum sempurna, di tengah pandemi ini kita terus berusaha dan hasilnya hari ini kita kembali WTP ke lima,” ujar Wali Kota Bekasi.[ISH]

BEKASI TOP