Raperda Pesantren Kuatkan Fungsi Pesantren Jawa Barat

Pansus IV DPRD Jabar kunjungi Ponpes Harapan Ar-Risalah Bantul, DI Yogyakarta, memperkuat Raperda Penyelenggaraan Pesantren Provinsi Jabar, Selasa (23/6/2020).[POSBEKASI.COM/IST]

POSBEKASI.COM | BANTUL– Wakil Ketua Pansus VII DPRD Provinsi Jawa Barat, Ali Rasyid mengatakan pihak nya terus berusaha untuk merampungkan peraturan daerah pesantren dan memasukannya pada skala prioritas.

“Apa yang sudah dilakukan pesantren dalam membangun bangsa ini patut diapresiasi oleh pemerintah. Dan melalui perda pesantren inilah pemerintah daerah hadir membantu pesantren dan kiyai,” kata Ali Rasyid dalam kunjungan Pansus IV DPRD Jabar ke Pesantren Tangguh Pondok Pesantren Harapan Ar-Risalah Bantul, DI Yogyakarta, Selasa (23/6/2020).

Ali menegaskan sampai sejauh ini perda tersebut masih dalam pembahasan dan drafnya pun masih disusun, Sehingga belum bisa dipastikan mengenai perhatian apa yang disiapkan untuk pesantren.

“Yang pasti ada kesejahteraan untuk pesantren termasuk membantu infrastruktur pesantren,” tegasnya.

Selain itu, anggota Pansus VII, Supono berharap agar nantinya ke depan setelah perda penyelenggaran pesantren ini lahir pondok pesantren di Jawa Barat dapat memiliki ciri khas atau karakteristik nya masing-masing mengingat Pondok Pesantren secara garis besar dapat di telusuri dari pelayanan Pondok Pesantren itu sendiri baik kepada santri maupun kepada masyarakat.

“Pondok Pesantren merupakan lembaga sosial pendidikan masyarakat yang pada perkembangannya mampu berperan sebagai agen perubahan terhadap masyarakat sekitar,” ujar Supono. [POB]

Pin It

Comments are closed.