2.210 Jamaah Haji Kabupaten Bekasi akan Diterbangkan dari BIJB Kertajati

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.[DOK]

POSBEKASI.COM | CIKARANG – Mulai tahun 2020 ini, jamaah haji asal Kabupaten Bekasi akan diterbangkan melalui Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Begitu juga kembali dari Arab Saudi, jamaah akan mendarat di BIJB.

Pada tahun-tahun sebelumnya, jamaah Kabupaten Bekasi diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng

Ketentuan itu diberlakukan menyusul telah ditetapkannya BIJB Kertajati sebagai tempat pemberangkatan (embarkasi) dan pulang (debarkasi) jamaah haji asal Jawa Barat oleh Kementerian Agama beberapa waktu lalu.

“Itu kan memang sudah direncanakan dari dulu. Dan itu bukan hanya untuk jamaah haji asal Kabupaten Bekasi saja, melainkan juga seluruh jamaah haji asal kota/kabupaten yang ada di Jawa Barat,” kata Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, H. Shobirin seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Bekasi, Kamis (6/2/2020).

Namun demikian, perubahan embarkasi/debarkasi haji dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Kertajati tidak akan merubah rangkaian aktivitas yang harus dilalui jamaah haji asal Kabupaten Bekasi sebelum terbang ke Arab Saudi, termasuk lokasi asrama haji.

“Semua tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Jadi nantinya jamaah haji kita akan transit dulu di Asrama Haji Bekasi (Pondok Gede) untuk mendapatkan hak-hak mereka seperti living cost (uang saku), gelang identitas, kegiatan pembinaan, pemeriksaan kesehatan dan lain sebagainya. Nah dari situ, baru mereka akan diantar ke BIJB Kertajati,” ujar Sobirin.

Sobirin juga menyampaikan, kuota Jamaah Haji Kabupaten Bekasi tahun ini, jumlahnya tidak jauh berbeda dengan kuota haji tahun sebelumnya, yakni 2.210 jamaah. [RIN]

Pin It

Comments are closed.