Presiden Akan Kukuhkan Anies Jadi Gubernur Indonesia

Anies Baswedan menerima bendera APPSI setelah terpilih menjadi Ketum APPSI menggantikan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola pada Munas APPSI VI di Jakarta, Selasa (26/11/2019).[POSBEKASI.COM/IST]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan mengukuhkan kepengurusan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023, pimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai terpilih menjadi Ketua Umum pada Musyawarah Nasional (Munas) APPSI VI di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).

Anies mengungkapkan, langkah pertama yang akan dilakukannya sebagai Ketua Umum APPSI adalah membentuk tim formatur yang bertugas menyusun kepengurusan. Kepengurusan APPSI diharapkan akan dikukuhkan Presiden RI, Joko Widodo, setelah kembali ke Indonesia, sehingga dapat langsung menjalankan program kerja.

“Di APPSI itu disusun programnya, lalu di tingkat teknokratik, mereka bekerja. Tingkat teknokratik itu artinya dinas-dinas yang relevan, BUMD-BUMD yang relevan,” jelasnya.

“Alhamdulillah, teman-teman APPSI, para Gubernur se-Indonesia mempercayakan kami untuk menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023. Ini adalah sebuah kehormatan, titipan amanah ini insyaAllah kami akan jalankan dengan sebaik-baiknya,” tambah Anies.

Menurutnya, aspirasi teman-teman APPSI adalah tentang bagaimana agar pembangunan di daerah itu lebih mendapatkan perhatian, terutama program-program daerah yang harus sinkron dengan Pemerintah Pusat. Pada Musyawarah Nasional APPSI VI tadi 10 program kerja sudah ditetapkan dan itu yang nanti akan kita laksanakan sama-sama.

“Tim formatur akan segera dibentuk untuk menyusun kepengurusan APPSI 2019-2023. Apresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulawesi Tengah Pak Longki Djanggola, Ketua Umum Sementara dan seluruh kepengurusan APPSI periode sebelumnya. Mari teruskan kolaborasi yang lebih baik antar pemerintah daerah dan dengan pemerintah pusat pada tahun-tahun ke depan,” tutur Anies.

Sebelumnya, dua rival Anies untuk menjadi Ketum APPSI adalah Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Pemilihan dilakukan dengan cara pemungutan suara atau voting yang dilakukan 23 Gubernur atau Wakil Gubernur yang hadir di Munas dengan hasil perolehan Anies mendapat 13 suara, Ridwan Kamil sembilan suara, dan satu suara sisanya abstain.[YNS]

Pin It

Comments are closed.