Anies Kembalikan Tujuan Utama CFD 2001

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada kegiatan CFD, Ahad (3/11/2019). [POSBEKASI.COM/Dok Anies]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Ketika kegiatan Car Free Day (CFD) dimulai tahun 2001 salah satu tujuan utamanya pengurangan polusi udara, dan memberikan ruang kegiatan olahraga dengan berjalan kaki dan bersepeda.

“Mulai hari ini kita tata kembali CFD, mengembalikan ke tujuan utamanya diadakan CFD. Karena itu kita siapkan seluruh jalan raya, badan jalan, itu bebas dari kegiatan apapun kecuali kegiatan berjalan kaki, berlari, dan berolahraga atau bersepeda. Di seluruh badan jalan yang kita sebut zona merah, kawasan jalan Thamrin dari persimpangan Sarinah sampai dengan dekat Dukuh Atas,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada kegiatan CFD, Ahad (3/11/2019).

“Apakah dilarang berdagang di CFD? Tidak dilarang. Ya, berdagang tetap diizinkan tapi diatur. Prinsipnya hanya boleh berdagang di trotoar, tidak boleh di badan jalan, di zona kuning dan zona hijau (lihat gambar pertama). Waktu yang diizinkan untuk berdagang di kedua zona tersebut mengikuti CFD, dari jam 6.00-11.00 pagi,” tambah Anies.

Prinsipnya: semua dapat kesempatan. Yang berolahraga nyaman, yang perlu jajan ada tempatnya dan yang perlu berdagang ada tempatnya. Ketertiban dan kesetaraan kesempatan adalah kata kuncinya.

“Alhamdulillah berjalan lancar. Pagi ini kita merasakan CFD kembali seperti awal 2001 ketika dimulai sebagai kegiatan untuk berjalan kaki, bersepeda. Bahkan sekarang di jalur tengah, dekat jalur Transjakarta, itu satu jalur kita khususkan untuk sepeda. Sehingga satu jalur itu buat yang bersepeda bisa berjalan cepat tanpa ada kekhawatiran untuk bertubrukan dengan pejalan kaki untuk olahraga yang lebih lambat,” ungkapnya.

Anies menyampaikan apresiasi kepada para PKL yang mau mematuhi aturan ini. “Prinsipnya di Jakarta itu kesempatannya diberikan setara, tapi bukan tanpa diatur. Dan begitu diatur baik-baik, alhamdulillah mereka pun mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan rezeki dari berkumpulnya begitu banyak orang. Di sisi lain, yang berolahraga juga nyaman,” ujarnya.

Yang kedua sambung Anies,  terima kasih kepada seluruh jajaran Pemprov DKI. Petugas kita bertugas mulai kemarin malam. Ada yang sudah piket di Lapangan mulai jam 1, ada yang jam 3 pagi. Mengarahkan para pedagang yang sudah datang sejak jam 4 pagi, mulai loading barang-barang.

“Kita sosialisasikan dengan baik, dengan sopan, dengan memberitahu tujuannya adalah semua merasakan manfaat,” katanya.[RED]

Pin It

Comments are closed.