Polda Metro Bongkar Distributor Tekstil dan Impor Sepatu China Ilegal di Bekasi dan Jakarta

Barang bukti berupa ribuan pasang sepatu impor ilegal dari China yang disita Polda Metro Jaya dari distributor di Bekasi dan Jakarta. [Posbekasi.com/COK]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Polda menggulung distributor penyelundupan tekstil dan ratusan ribu sepatu impor ilegal dari China hingga negara dirugikan puluhan milyar rupiah.

Hal itu diungkapkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono terkait penangkapan enam pelaku distributor tekstil dan barang-barang impor lainnya di Jakarta dan Bekasi.

“Subdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro menangkap enam orang yakni, PL (63), H (32), AD (33), EK (44), NS (47) dan TKD (45). Mereka ditangkap ditempat berbeda yakni di Bekasi dan Jakarta Utara,” kata Gatot di Mapolda Metro Jaya, Kamis (12/9/2019).

Dikatakan Gatot, nilai barang tekstil dan balpress yang diseludupkan dan didistribusikan ke Jakarta dan Bekasi mencapai estimasinya Rp10 miliar.

“Kerugian negara karena tak bayar pajak dan sebagainya mencapai Rp4,9 miliar, silahkan hitung sendiri berapa banyak kerugian negara selama setahun,” ujar Gatot.

Selain kerugian negara, masuknya barang-barang impor ilegal dari Cina mengakibatkan stabilitas keuangan terganggu. Selain itu, maraknya penjual barang bekas impor di Pasar Senen dan kota-kota lainnya dapat menimbulkan penyakit.

“Konsumen juga bisa terkena penyakit, karena barang barang bekas ini membahayakan kesehatan (sakit kulit),” ungkap jenderal bintang dua itu.

Direktur Reserse Kriminal Umum PMJ Kombes Iwan Kurniawan mengatakan para tersangka sudah melakukan kegiatannya antara 2 hingga 10 tahun.

“Mereka merupakan pelaku di hulu. Jadi, kita upayakan memutus mata rantai dari hulu ke hilir, sehingga nantinya pedagang pedagang eceran tidak bisa memasarkan barang yang dilarang ini,” kata Iwan. [COK/POB]

Pin It

Comments are closed.