Perhatikan Tiga Prioritas Kenderaan Anda Target Operasi Patuh Jaya

Petugas kepolisian tengah melakukan pemriksaan surat kenderaan pada Operasi Keselamatan Jaya 2019 di perempatan Jalan Chairil Anwar, Kalimalang, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jumat (3/5/2019).[COK]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Pekan depan, tepatnya mulai 29 Agustus – 11 September 2019 , Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar “Operasi Patuh Jaya 2019” untuk meningkatkan ketertiban dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Operasi ini bertujuan terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan kemacetan,” kata Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir, Sabtu (24/8/2019).

Menurutnya, operasi ini juga bertujuan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. “Tujuan selanjutnya meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” terang Nasir.

Lebih lanjut dikatakannya, ada beberapa jenis pelanggaran lalu lintas yang kerap terjadi seperti melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan ponsel saat mengemudi, mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan dan melebihi batas kecepatan.

“Pelanggaran lain, seperti pemotor yang tidak menggunakan helm SNI, berkendara di bawah umur, tidak memiliki SIM, sepeda motor berboncengan tiga orang, dan kendaraan bermotor roda atau lebih yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan,” ungkapnya.

Dikatakannya, baik kendaraan roda dua dan empat yang tidak dilengkapi perlengkapan standar kendaraan bermotor seperti STNK dan memasang rotator dan atau sirine yang bukan peruntukannya juga akan menjadi target operasi.

Namun operasi ini lebih mentargetkan pada tiga jenis pelanggaran yang menjadi prioritas. “Target tersebut akan diprioritaskan pada pelanggar yang melawan arus, berkendara di bawah umur dan kendaraan bermotor yang memasang rotator dan atau sirine,” terangnya.[COK/POB]

Pin It

Comments are closed.