Ombudsman Lakukan Sidak RTMC Polda Metro Jaya

TMC Polda Metro Jaya.[NET]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Ombudsman RI melakukan sidak ke Kantor Regional Traffic Management Center (RTMC) Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (8/8/2019) malam. Hal ini dilakukan guna memantau pelayanan publik selama libur Lebaran 2019.

Sidak dipimpin langsung oleh anggota Ombudsman RI Adrianus Eliasta Meliala. Dimulai pukul 19.00 WIB, ia langsung mengecek ke dalam ruangan pemantauan TMC Polda Metro Jaya.

Di dalam ruangan itu tampak puluhan layar yang menampilkan rekaman langsung dari sejumlah titik di DKI Jakarta. “Kita disini tersambung dengan 3.000 CCTV diseluruh Jakarta,” ungkap Kasubag Teknologi Informasi TMC Polda Metro Jaya, Kompol Purwono kepada Adrianus.

Purwono menjelaskan, selain melakukan pemantauan langsung ke semua titik CCTV, pihaknya juga terhubung langsung dengan petugas di setiap titik tersebut. Sehingga, setiap kendala yang tampak dari kamera CCTV bisa langsung diatasi petugas di lapangan.

“Saya ingin lihat bagaimana mekanismenya,” ucap Adrianus meminta Purwono untuk mencoba meminta petugas dilapangan melakukan pengaturan lalu lintas.

Purwono langsung menghubungi petugas dilapangan untuk mengatur salah satu titik yang tampak ada penumpukan kendaraan dari kamara CCTV. Tampak petugas dilapangan yang diinformasikan langsung melaksanakan instruksi tersebut.

Purwono melanjutkan, selain memantau lewat kamera CCTV, pihaknya juga melakukan pemantauan di sosial media tentang informasi maupun berita yang beredar. “Kita akan berikan informasi lalu lintas juga secara terus menerus lewat sosial media,” ucap Purwoto.

Menurut Adrianus, pelayanan yang dilakukan belum bisa dinilai secara menyeluruh. Namun pihaknya menilai penerapan teknologi untuk memantau lalu lintas ini dan memastikan kelancaran lalu lintas merupaka upaya yang sangat baik.

“Yang jelas selama yang ditentukan oleh Polri dilakukan oleh TMC Polda Metro Jaya secara optimal, saya kira itu cukup,” kata Andrianus.[ROL]

 

Sumber: Republika

Pin It