Bekasi Online

Dinkes Kota Bekasi Siapkan Tiga Posko Kesehatan di Jalur Mudik

Ilustrasi posko kesehatan

POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI –  Dinas Kesehatan Kota Bekasi menyiapkan tiga posko kesehatan di jalur mudik di wilayah setempat. Posko mudik tersebut didirikan di Stasiun Kereta Api Kota Bekasi Jalan Djuanda, Mega Bekasi City di Jalan Ahmad Yani, dan Terminal Induk Kota Bekasi di Jalan Djuanda.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengatakan, posko kesehatan mulai dibuka sejak H-8 atau tanggal 29 Mei sampai H+7 atau 12 Juni 2019 mendatang. Di setiap posko, kata dia, terdapat seorang dokter, perawat, dan pengemudi ambulans serta obat-obatan.

Mereka bertugas dibagi dengan tiga shift dan bersiaga selama 24 jam penuh.

“Bila diperlukan penanganan khusus akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi,” ujar Tanti dikutip dari dakta.com, Sabtu (25/5/2019).

Dia mengatakan, posko kesehatan dibangun di tiga titik itu karena berada di lintasan mudik. Dengan demikian, pemudik tidak akan kerepotan mencari balai kesehatan jika kondisinya memburuk ketika berkendara menuju arah timur.

Selain posko kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Bekasi juga menyiagakan puskesmas. Ada tiga puskesmas yang memiliki konsentrasi cukup tinggi karena berada di lintasan mudik.

Pertama Puskesmas Bantargebang di Jalan Raya Narogong, Puskesmas Pondokgede di Jalan Raya Jatiwaringin, dan puskesmas Karangkitri di Jalan Chairil Anwar.

“Tiga puskesmas ini merupakan lintasan yang dilalui pemudik menuju Pantai Utara (Pantura), sehingga harus tetap dibuka selama 24 jam,” ujarnya.

Tanti menegaskan, semua layanan kesehatan itu dilarang menolak pasien miskin. Apalagi mereka warga Kota Bekasi yang dibekali kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan atau Kartu Sehat (KS) berbasis Nomor Induk Kependudukan.

“Pelayanan juga harus diberikan kepada pemudik yang mengalami kecelakaan lalu lintas,” ucap Tanti.

Untuk mengantisipasi pasien rujukan, kata Tanti, dokter dan perawat tetap masuk hingga hari lebaran di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi. Bahkan petugas kesehatan seperti dokter dan perawat disiagakan di posko mudik yang tersebar di wilayah setempat.

“Bukan hanya petugas, tapi stok obat dan ambulans juga disiagakan untuk menangani pemudik yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit,” ungkapnya.[DAK/POB]

BEKASI TOP