posbekasi.com

Pemancing di Kolam Pemancingan

Ilustrasi

POSBEKASI.COM – Pemancing profesional memancing di laut atau danau, sungai atau di alam yang luas dan penuh tantangan. Lain halnya pemancing di kolam pemancingan yang pasti dapat ikan kalaupun dipancing sulit, dikuraspun bisa dilakukan untuk mendapatkan ikan.

Para pemancing di kolam pemancingan ini bisa menjadi analogi pebisnis-pebisnis dalam kolam birokrasi yang ikannya dari anggaran yang sesuai dengan perencanaan. Pemancing di kolam birokrasi dapat dipastikan akan mendapat untung walau harus rela berbagi.

Para pebisnis ini jeli dan paham peta anggaran dari hulu sampai hilir. Paham siapa yang harus disungkemi dan siapa-siapa yang wajib diciumi tangan bahkan dibasuh kaki dan meminyaki kepalanya.

KLIK : Perangkap Tikus Malah Jadi Sarang Tikus

Seringkali mereka hanyalah sebatas broker atau selang penyambung pembagi aliran air. Walau bukan golongan fighter tetapi mereka ini penyabar yang mampu membuat di atas ditengah sampai di bawah senang. Dari perencaan sampai dengan usernyapun dibuatnya happy.

Para pemancing di kolam pemancingan bukanlah pemancing bebas mereka diwajibkan membayar tiket dan mengikuti berbagai peraturan. Ikan yang diperolehnyapun wajib ditimbang dan ada label harga perkilogramnya. Pebisnis di kolam birokrasi juga taat azas dan mereka bukan golongan sembarangan. Memancing di kolam birokrasi wajib memiliki kesaktian atau setidaknya memiliki prewangan yang sanggup untuk menjadi bumper atau menakut-nakuti penjaga karier birokrasi.

Bisnis memag harus untung kalau hanya balik modal saja mereka akan sekarat menggelapar. Untung sedikit saja bisa membuat mereka sesak napas bagai ikan paus yang terdampar di pantai dangkal. Apalagi rugi pasti mati.

KLIK : Spirit Kemanusiaan Hilang, Kambing Hitam Jadi Korban

Kata-kata saktinya pasti mengatasnamakan ndoro, ini sukanya ini. Ibu ndoro maunya begini, semua atas nama supaya penjaga di level tengah bawah menggigil dan manut padanya. Seringkali pemancing ini tidak membawa umpan bahkan pancinganpun tidak punya modal petunjuk dan main telunjuk sudah bisa menjadi pemancing.

Sistem memang masih extended family sistem namun para pemancing ini wajib bertanggung jawab dan mempertanggungjawablan secra administrasi, secara hukum, secara fungsional atau kemanfaatan bagi banyak orang dan peningkatan kualitas hidup bahkan juga secara moral.[Chryshnanda DL]

BEKASI TOP